Rabu, 24 April 24

Wibi Imbau Satgas Covid-19 RT/RW Diberi Pelatihan Khusus

Wibi Imbau Satgas Covid-19 RT/RW Diberi Pelatihan Khusus
* Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino. (Foto: dok. pribadi)

Jakarta, obsessionnews.com – Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino memperhatikan kerja Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19, dan petugas kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dalam menangani pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

 

 

Wibi menuturkan, Satgas Covid-19 dan petugas Puskesmas harus pro aktif dalam mengawal atau memantau pasien Covid-19, yang melakukan isoman.

“Harus ada perhatian yang sama juga diberikan kepada mereka (pasien Covid-19) yang tengah menjalani Isoman,” kata Wibi dalam keterangan kepada wartawan, di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini melihat adanya kasus pasien Covid-19 yang meninggal saat sedang melakukan isoman lantaran kurangnya kordinasi dari Satgas Covid-19 dan petugas Puskesmas.

Jika memang ada koordinasi yang terintegrasi, lanjutnya, dan ada pemantauan yang dilakukan secara rutin oleh petugas atau pihak terkait, tentu bisa mengambil langkah terbaik.

“Tidak bisa hanya mendata tapi kerja teman-teman Satgas harus terintegrasi dan termonitor. Berikan juga perhatian. Kalau tidak dikontrol, siapa yang tahu kalau kondisi pasien terus memburuk atau membaik?” ujar Wibi.

Politisi muda yang getol melakukan bakti sosial ini mengatakan, saat ini kluster keluarga sedang meningkat. Karena dari itu dia mengimbau agar Satgas di tingkat RT/RW diberikan pelatihan manajemen Covid-19 secara khusus dan diberi dukungan logistik yang cukup dan alat pelindung diri.

Bukan hanya itu, mereka juga perlu diberikan dukungan yang terintegrasi dengan kelurahan, juga terintegrasi dengan Puskesmas. Sistem yang ada di Puskesmas juga harus dibenahi.

“Mereka perlu diberikan dukungan logistik. Karena mereka adalah garda terdepan di lingkungan tempat tinggal. Protokol kesehatan anti-Covid-19 juga harus dijalani dengan ketat oleh setiap keluarga,” tandas Wibi. (red /arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.