Rabu, 21 Oktober 20

UU Cipta Kerja Dukung Upaya Pemerintah Berantas Korupsi

UU Cipta Kerja Dukung Upaya Pemerintah Berantas Korupsi
* Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto. (Foto: ekon.go.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Undang-Undang (UU) Cipta Kerja mendukung upaya pemerintah dalam pemberantasan korupsi yang telah menyederhanakan, dan memotong model perizinan yang berbelit-belit, sehingga praktik pungli atau pungutan liar dapat dihilangkan.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto sebagaimana dikutip obsessionnews.com dari situs ekon.go.id.

 

Baca juga:

Airlangga Sebut UU Cipta Kerja Utamakan Kepentingan Rakyat yang Butuh Kepastian dalam Bekerja

Menaker Ida Fauziyah Tegaskan UU Cipta Kerja Tidak Ompong

UU Cipta Kerja Bakal Pacu Produktivitas UMKM

UU Cipta Kerja Jadi Tonggak Kebangkitan UMKM

Airlangga menjelaskan tujuan UU Cipta Kerja sebagai upaya pemerintah memangkas birokrasi yang berbelit-belit, sehingga dapat mendorong penciptaan lapangan kerja yang lebih besar.

“Setiap tahunnya ada sekitar 3 juta anak muda yang perlu pekerjaan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kebutuhan atas penciptaan lapangan kerja baru sangat mendesak,” tutur Airlangga.

UU Cipta Kerja diharapkan dapat membawa Indonesia keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap). Apalagi Indonesia memiliki bonus demografi.

Airlangga menyebutkan, UU Cipta Kerja dibentuk dengan mengutamakan kepentingan rakyat yang butuh kepastian dalam bekerja.

UU Cipta Kerja diharapkan dapat menggerakkan rakyat untuk membuka usaha sendiri, dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK). Rakyat juga dapat membuka usaha baru dengan lebih mudah, karena perizinan bagi UMK telah dipermudah. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.