Minggu, 5 Mei 24

Tosan Diperiksa Penyidik di Tempat Rahasia

Tosan Diperiksa Penyidik di Tempat Rahasia

Semarang, Obsessionnews – Tosan, satu-satunya korban selamat sekaligus saksi penganiayaan aktivis anti tambang, Salim Kancil kini telah siap memberi keterangan dalam proses penyidikan.

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Lili Pintauli Siregar mengungkapkan Tosan yang pada Jum’at (16/10/2015) dimintai keterangan di tempat rahasia yang sudah disiapkan.

“Tosan memberikan keterangan di depan penyidik dari Polres Lumajang dan Polda Jatim dengan tenang,” ungkap dia melalui rilis yang diterima obsessionnews.com, Senin (19/10/2015).

Tosan diperiksa dengan tetap didampingi LPSK sejak pukul 09.00 WIB hingga menjelang tengah hari. Lili yang turut serta melihat proses pemeriksaan menerangkan, pemindahan ke tempat rahasia tersebut dimaksudkan agar Tosan merasa aman dan nyaman, baik sebagai korban maupun saksi penambang liar.

“Pagi sebelum memberikan keterangan Tosan menyampaikan rasa senangnya karena bisa tidur dengan nyenyak, karena sepulang dari RS beliau tidak dapat beristirahat akibat banyaknya tamu”, jelas Lili.

Ia menambahkan, kondisi Tosan saat ini sudah mulai membaik. Bahkan ia sempat bercengkerama dengan penyidik. Hal ini sekaligus menepis anggapan Tosan tidak mau memberi keterangan.

“Selama pemeriksaan Tosan masih sempat bercengkerama dengan penyidik, bahkan kami seringkali dibuat tertawa oleh Tosan. Diakhir pemeriksaan bahkan Tosan memeluk Kapolres Lumajang,” imbuh dia.

Lili juga berharap semua pihak baik masyarakat atau media memahami kondisi Tosan yang sempat kelelahan baik medis mapun psikologis karena banyaknya kunjungan.

“Kami berharap bantuan dari masyarakat untuk memahami kondisi ini, semua demi kepentingan Tosan sebagai korban”, pungkas Lili. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.