Jumat, 19 April 24

Tingkatkan Kapasitas SDM Pembangunan IKN, Kementerian PUPR Lepas 25 Peserta Pelatihan Smart City di Korea Selatan

Tingkatkan Kapasitas SDM Pembangunan IKN, Kementerian PUPR Lepas 25 Peserta Pelatihan Smart City di Korea Selatan
* melepas peserta Pelatihan Program For Invitational Training: Strengthening The Capacity of Planning and Implementing Smart Cities In Indonesia di Korea Selatan. (Foto: Kementrian PUPR)

Obsessionnews.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dan Kepala BPSDM Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melepas peserta Pelatihan Program For Invitational Training: Strengthening The Capacity of Planning and Implementing Smart Cities In Indonesia di Korea Selatan, di Ruang Sapta Taruna Kementerian PUPR, Jakarta, pada Jumat (15/7/2022).

Diana mengatakan, Kementerian PUPR tentunya akan menjadi tumpuan awal pembangunan IKN, mengingat infrastruktur merupakan hal utama yang harus disiapkan dalam pembangunan sebuah Ibu Kota Negara.

Baca juga: Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Oleh karena itu, mempersiapkan SDM yang handal dan kompeten, dan berintegritas dalam melaksanakan penyelenggaraan IKN menjadi agenda yang wajib dilakukan.

“Kementerian PUPR melakukan terobosan, bekerja sama dengan negara lain yang telah memiliki pengalaman dan 5 teknologi yang mumpuni dalam membangun ibu kota baru, yaitu Korea Selatan untuk memberikan sharing ilmunya,” kata Diana.

Pelatihan ini merupakan kerja sama teknis antara Kementerian PUPR dengan Ministry of Land, Infrastructure and Transport (MOLIT) Korea dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai Kementerian PUPR sebagai pelaksana pembangunan IKN. Pelaksanaan pelatihan di Korea Selatan akan berlangsung dari tanggal 17 Juli hingga 20 Agustus 2022.

Hasil seleksi menetapkan 25 orang yang terpilih sebagai peserta pelatihan dari 94 orang yang diusulkan oleh 8 unit organisasi di Kementerian PUPR. 25 peserta pelatihan terdiri dari 15 peserta dengan latar pendidikan teknis dan 10 peserta dengan latar pendidikan non teknis agar ada kolaborasi antara teknis dan non teknis dalam membangun IKN.

Baca juga: Buka Pameran Mega Build ke-19, Kementerian PUPR Minta Belanja yang Dibiayai APBN Belikan Produk Dalam Negeri

“Pelatihan ini bukan pelatihan biasa. Peserta sudah harus memiliki dasar pengetahuan yang baik tentang Smart City Concept yang pro-IKN. Satgas IKN juga diharapkan dapat mengawal pelatihan ini dan mendampingi peserta agar konsep Smart City IKN dapat terwujud di Indonesia,” ujar Diana.

Turut hadir Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Rachman Arief Dienaputra, Country Director of KOICA Indonesia Office Jeong Yun-gil, Cooperation Officer for IKN Infrastructure Development Korea Land and Housing Corporation, Team Leader of International Affairs and Indonesia Capital Cooperation Team, Tim Satuan Tugas Pembangunan IKN, dan Tim Pakar Pengembangan SDM Kementerian PUPR. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.