Sabtu, 18 Mei 24

Tersingkir di Piala Dunia, Italia Bisa ‘Dihidupkan’ Lagi Jika Ini Syaratnya…

Tersingkir di Piala Dunia, Italia Bisa ‘Dihidupkan’ Lagi Jika Ini Syaratnya…
* Jorginho menangis saat Italia tersingkir di kualifikasi Piala Dunia. (Getty/Goal)

Italia telah gagal (tersingkir) untuk tampil di Piala Dunia 2022, tetapi masih ada kemungkinan, meski itu sangat kecil, buat Gli Azzurri bisa berpartisipasi di Qatar akhir tahun ini.

Meski peluangnya kecil, ternyata ada satu kondisi yang bisa membuat Gli Azzurri tampil di Piala Dunia 2022, tetapi ada syaratnya yaitu Iran harus didiskualifikasi dulu oleh FIFA.

Mereka terpaksa absen dua kali berturut-turut di ajang tersebut setelah secara mengejutkan dikalahkan Macedonia Utara di babak play-off, namun kini ada satu hal yang membuat pasukan Roberto Mancini bisa bermain di Piala Dunia.

Dilansir dari Sport Mediaset, Sportitalia dan Sky Sport Italia, ketiganya memberikan skenario yang memungkinan buat Italia beraksi di Piala Dunia.

Skenario itu dibuat karena salah satu negara yang telah memastikan diri di ajang tersebut, yakni Iran, terancam batal tampil di Qatar. Negara Asia tersebut melarang dua ribu wanita yang sudah membeli tiket untuk melihat langsung di stadion saat Iran berhadapan dengan Lebanon, dan itu bisa berakibat fatal buat mereka.

Pada 2019 lalu, FIFA telah memperingatkan Iran untuk tidak melarang wanita menonton di tribun stadion, tetapi mereka tidak menggubris imbauan tersebut saat mereka menang 2-0 atas Lebanon, awal pekan ini.

Karena itu adalah pelanggaran berulang, anggota federasi sepakbola Iran Mehrdad Seradschi menuliskan di Twitter bahwa ia mendengar “berita yang mengkhawatirkan dari FIFA dan Konfederasi Sepakbola Asia”.

Hukuman paling ekstrem yang bisa menimpa Iran adalah dikeluarkan dari Piala Dunia 2022, dan jika itu terjadi FIFA bakal menunjuk negara lain untuk menggantikan Team Melli.

Cara FIFA untuk menentukan negara mana yang bakal menggantikan Iran di Piala Dunia adalah dengan memberikan slot kepada negara yang memiliki koefisien tertinggi di peringkat dunia dan sudah tersingkir di babak kualifikasi.

Dan dilansir dari laman resmi FIFA, Italia saat ini berada di urutan keenam dengan total poin 1740,77 dan itu merupakan ranking tertinggi dari negara-negara yang sudah dipastikan tidak lolos ke Piala Dunia 2022, dengan lima negara di atasnya yakni Inggris, Argentina, Prancis, Brasil dan Belgia sudah memastikan diri mereka di ajang empat tahunan tersebut. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.