Senin, 6 Mei 24

Telegram Tak Ikutan Blokir Rusia Seperti FB dan Medsos Lainnya

Telegram Tak Ikutan Blokir Rusia Seperti FB dan Medsos Lainnya
* Ilustrasi Telegram. (VOI)

Ternyata Telegram benar-benar netral dan independen. Tidak mau ikutan beri sanksi atau boikot Rusia seperti Facebook (FB) dan media sosial (medsos) lainnya. Karena tidak diblokir, Rusia andalkan Telegram untuk berkomunikasi.

Berbeda dengan beberapa jejaring medsos terbesar di dunia, platform obrolan Telegram terhindar dari pemblokiran dan masih berfungsi di Rusia hingga kini.

Melansir AFP, kemampuan Telegram untuk menyebarkan informasi ke grup besar telah membuatnya berguna baik untuk media independen maupun Kremlin. Ini berbeda dengan WhatsApp milik Meta yang kurang cocok untuk komunikasi massa.

“Saya pikir tidak mungkin Rusia akan melarang Telegram karena mereka sangat kekurangan platform di mana mereka dapat beroperasi,” kata Sergey Sanovich, peneliti postdoctoral di Universitas Princeton, yang mencatat bahwa pihak berwenang pada tahun 2020 membatalkan upaya untuk memblokir layanan tersebut.

Telegram, yang dikritik karena memiliki kebijakan konten yang longgar, menawarkan forum bagi otoritas Rusia untuk mempromosikan narasi yang bersahabat dengan perang mereka di Ukraina yang dikutuk secara internasional.

Telegram telah menjadi alat pertukaran penting untuk berita tentang perang. Pertumbuhannya yang semakin cepat setelah tindakan keras terbaru Kremlin terhadap media independen dan penguncian aplikasi seperti Facebook dan Instagram.

Rata-rata 2,5 juta pengguna baru bergabung dengan Telegram setiap hari dalam tiga minggu terakhir, kata perusahaan itu, melonjak sekitar 25% dari minggu-minggu sebelumnya.

Menurut angka harian yang disediakan oleh Telegram, aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 150 juta kali sejak awal tahun, dengan angka resmi setengah miliar pengguna aktif sejak Januari 2021.

Telegram telah mendapat manfaat dari citra penciptanya, saudara Pavel dan Nikolai Durov, warga negara Rusia yang meninggalkan negara asal mereka pada tahun 2014. Di bawah tekanan dari pihak berwenang, Nikolai menjual sahamnya di VK, yang ia buat, daripada menyerahkan data pribadi aktivis kepada pemerintah.

Rusia masih mengoperasikan akun di platform seperti Facebook, meskipun memblokir layanan di rumah. Tetapi minggu ini Facebook menghapus posting dari halaman Moskow yang berisi informasi yang salah tentang serangan mematikannya.

Ketegangan selama bertahun-tahun antara Moskow dan Facebook dan Twitter yang berbasis di AS meletus menjadi konfrontasi setelah serangannya ke Ukraina. (CNBCIndonesia/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.