Minggu, 12 Mei 24

Tarik Investor, Halteng Fokus Pomosikan Pariwisata di AOE 2023

Tarik Investor, Halteng Fokus Pomosikan Pariwisata di AOE 2023
* Salah satu staf di Pemkab Halteng Ate Donu Bagus. (Foto: Ali Usman/Obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar acara APKASI Otonomi Expo (AOE) 2023 di Hall 3-3A ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (22/7/2023).

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng) hadir untuk mempromosikan komoditi yang ada di daerah Halteng.

”Tujuan Apkasi ini adalah promosi komoditi yang ada di Halteng. Kita ada berbagai sektor, ada dari pertanian, perikanan, perkebunan, dan pariwisata,” ujar salah satu staf di Pemkab Halteng Ate Donu Bagus kepada obsessionnews.com.

Dia mengaku, di acara pameran AOE ini daerahnya fokus mempromosikan pariwisata di Halteng. Namun demikian ada juga produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dipromosikan di pameran itu.

”Fokus kita di Pariwisata. Sebab Pariwisata di Halteng itu sangatlah luar biasa. Jadi tujuan ini adalah untuk menarik investor. Karena sudah kita kasih siap, mulai dari brosur, pamplet, foto-foto atau poster. Jadi tujuannya di sini untuk mempromosikan potensi yang ada di Halteng,” ungkapnya.

Terkait pergerakkan ekonomi di Halteng, Ate mengaku pergerakkan ekonomi di sana sekarang ini sangat cepat dan tinggi.

”Di sana itu daerah industri dan di sana sudah ada perusahaan cukup besar di Indonesia, itu sudah sangat meningkat perekonomian di sana. Saya melihat di Halteng perekonomiannya sekarang lebih cepat dan lebih tinggi,” ucapnya.

Sehingga berdampak besar dengan adanya percepatan perekonomian di sana. Karena dapat mengurangi tingkat pengangguran di Halteng. ”Jadi tidak hanya mengurangi pengangguran di Halteng, tapi juga mengurangi pengangguran di Indonesia. Dampaknya besar betul,” ucapnya.

Tak hanya di bidang Pariwisata saja, Kabupaten Halteng juga menghadirkan produk-produk UMKM di pameran AOE 2023 ini. Hal itu sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Halmahera Tengah Ikram M. Sangadji, yaitu mengurangi kemiskinan di Halteng.

”Ada. Itu sesuai dengan program Bupati dalam menuntaskan kemiskinan di Halteng yaitu program memberdayakan UMKM di sana dan produk yang sekarang ini atas binaan UMKM dari perikanan, pertanian, perkebunan, dan Pariwisata,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.