Sabtu, 4 Desember 21

Tak Hadiri Debat, SBY Dukung Prabowo-Sandiaga Setengah Hati?

Tak Hadiri Debat, SBY Dukung Prabowo-Sandiaga Setengah Hati?
* Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto: RMOL)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak bisa hadir menyaksikan debat capres. Kepastian itu disampaikan Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said, Kamis (17/1/2019).

Demokrat merupakan salah satu partai yang mendukung pancapresan Prabowo-Sandiaga. Karena itu kehadiran SBY pada sesi debat perdana ini sangat penting dalam upaya memberikan dukungan moral terhadap pasangan capres nomor urut 01 itu. 

 

Baca juga:

Seru! Perseteruan Mahfud dengan Andi Arief Sampai Bawa Nama SBY

Doni Monardo, Jenderal Binaan SBY Jadi ‘Pembantu’ Jokowi

Andi Mallarangeng Ikut Kampanye Demokrat Bareng SBY

 

Absennya SBY mendampingi pasangan capres yang diusung dalam debat ini membuat publik meragukan komitmen SBY mendukung pasangan tersebut. Publik menuga SBY setengah hati mendukung Prabowo-Sandiaga. Namun, Sudirman membantah akan hal itu. Menurut dia, selama ini SBY telah banyak membantu pasangan capres Prabowo-Sandiaga dalam persiapan debat.

“Saya kira beliau memberi banyak pesan kepada Pak Prabowo untuk pembahasan materi untuk hal yang sifatnya teknik karena beliau punya pengalaman sangat bagus,” ujarnya.

SBY akan menyaksikan siaran langsung debat tersebut melalui siaran langsung televisi di kediaman pribadinya, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Meski tak hadir di lokasi debat, SBY telah mengutus Ketua Kogasma Partai Demokrat, yang juga putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mewakili dirinya.

“Pak SBY ini pertama tidak ada jadwal untuk datang ke rumah Pak Prabowo. Kedua, juga tidak ada jadwal untuk hadir di ruang debat di Bidakara, ya,” ujar Ferdinand.

SBY memang mendapat undangan khusus dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo-Sandiaga. Namun demikian, kata Ferdinand, SBY merasa kehadirannya saat debat pertama belum terlalu dibutuhkan. Kemungkinan SBY akan hadir saat debat berikutnya.

“Beliau merasa kehadirannya di sana tidak terlalu dibutuhkan untuk saat ini. Tapi mungkin di debat-debat akhir mungkin, ya beliau kan hadir,” tuturnya.

Debat pertama Pilpres 2019 diselenggarakan KPU, Kamis (17/1/2019) malam, di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat yang dihadiri dua pasangan calon itu mengangkat empat tema debat masing-masing pasangan calon, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.