Minggu, 25 Agustus 19

Tahun Baru: Imbauan Tertib Konvoi Hingga Hujan Lebat

Tahun Baru: Imbauan Tertib Konvoi Hingga Hujan Lebat

Obsessionnews.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, malam tahun baru kali ini masyarakat diprediksi akan tetap menjalani tradisi konvoi, meniup terompet, hingga memadati kawasan wisata. Namun di sejumlah daerah, tampaknya masyarakat harus benar-benar memperhatikan imbauan dan prediksi alam.

Seperti di Bogor, misalnya. Masyarakat Bogor dan pengunjung kawasan wisata di daerah pinggiran ibu kota Jakarta ini, tampaknya, harus mempertimbangkan prediksi adanya hujan lebat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Dramaga, Bogor, memperkirakan cuaca pada malam pergantian tahun di wilayah Bogor dan sekitarnya akan diguyur hujan sejak dini hari hingga keesokan harinya.

“Cuaca tanggal 31 Desember 2016 pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang. Hingga dini hari masih berpotensi hujan ringan,” kata Dedi Sucahyono, Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Dramaga, di Bogor, Rabu (28/12).

Menurutnya, berdasarkan pengamatan citra satelit, cuaca di wilayah Bogor pada hari menjelang pergantian tahun umumnya cerah berawan di pagi hari. Kondisi tersebut berlangsung hingga siang.

Dedi menambahkan, pada umumnya suhu udara di wilayah Bogor berkisar antara 22 sampai 33 derjat celsius, dengan kelembaban udara umumnya berkisar antara 60 sampai 95 persen. Artinya, hujan ringan berpotensi terjadi keesokan harinya 1 Januari 2017. Hingga siang dan sore hari juga diperkirakan terjadi hujan ringan sampai lebat.

“Awal tahun diprediksi hujan hingga malam hari. Dini hari baru pada umumnya cerah berawan,” katanya.

Meski diprediksi bakal hujan, namun Bogor diyakini tetap akan dibanjiri masyarakat. Bogor yang memiliki banyak kawasan wisata ini memang selalu menjadi destinasi bagi masyarakat yang hendak merayakan pergantian tahun.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Bogor jauh-jauh hari telah memantau dan melakukan pengamanan jalur jelang pergantian tahun. Terlebih lagi, peningkatan volume kendaraan menuju wisata puncak sudah mulai mengalami peningkatan sejak 23 Desember lalu.

“Polres Bogor siap mengarahkan anggota semaksimal mungkin untuk mengamankan malam pergantian tahun kali ini,” kata Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky, Rabu (28/12/2016).

Sementara itu di Daerah Istimewa Yogyakarta, masyarakat diimbau untuk tertib dan taat berlalu lintas saat melakukan konvoi menggunakan kendaraan bermotor, khususnya roda dua.

“Kami tidak melarang masyarakat melakukan konvoi, karena belum tentu yang konvoi itu tergabung dalam geng. Melainkan yang tergabung dalam club yang datang ke Yogyakarta beramai-ramai. Tetapi kami imbau agar mereka taat dan tertib berlalu lintas seperti pakai helm, jangan pakai kenalpot yang glonggongan,” kata Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Kamis (29/12/2016).

Dofiri menegaskan, jika ada masyarakat yang melanggar hal itu, pihaknya tak akan segan akan melakukan upaya hukum dari teguran sampai tindakan keras berupa penilangan.

“Kami berharap pejalan kaki, pengendara motor bisa menjaga diri masing-masing, sehingga Yogyakarta bisa aman, nyaman dan tertib,” ujarnya.

Menurut Dofiri, kawasan Malioboro akan menjadi pusat kunjungan masyarakat di malam pergantian tahun. Oleh karenanya, imbuh Dofiri, pihaknya akan terfokus di kawasan tersebut.

Sekitar enam ribu porsonel akan dikerahkan untuk pengamanan Malam Tahun Baru. Sementara yang disiapkan secara tertata ada sekitar 1.700 personel. Selain di Malioboro, pengamanan juga dilakukan di tempat-tempat wisata.

Kawasan Malioboro sendiri akan ditutup total sejak pukul 5 sore. Jika terjadi konvoi kendaraan ke arah Malioboro akan dilakukan pengalihan arus.

“Meskipun yang difokuskan di Malioboro, tetapi kami tidak membiarkan kota Yogyakarta terkepung. Untuk mengantisipasi kepadatan sudah dimulai dari ringroad. Kendaraan yang masuk ke arah kota Yogyakarta akan dialihkan, supaya tidak terlalu stagnan. Kalau semua masuk kota akan macet semua dan tidak bisa terurai,” katanya. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.