Sabtu, 18 Mei 24

Survei Pilkada Lampung, Hartarto Bersaing Ketat dengan Incumbent

Survei Pilkada Lampung, Hartarto Bersaing Ketat dengan Incumbent

Jakarta, Obsessionnews – Indonesia Votes and Election Studies (INVEST) merilis empat tokoh yang diprediksi kuat akan mencalonkan diri sebagai wali kota Bandar Lampung dalam ajang Pemilihan Kepala Daerag (Pilkada) pada 9 Desember mendatang. Kebanyakan keempat orang tersebut sudah dikenal sebagai politisi.

Mereka adalah Walikota Bandar Lampung Incumbent Herman HN , Bakal calon wali kota Bandar Lampung yang diusung PDI Perjuangan, Maruly Hendra Utama Anggota DPRD Provinsi Lampung, Hartarto Lojaya dari partai Demokrat , Koordinator Komite Anti Korupsi (Koak) Lampung Muhammad Yunus yang maju sebagai calon independent .

Direktur Eksekutif Indonesia Votes and Election Studies Munatsir Mustaman mengatakan, berdasarkan hasil survei pada 27 Juni s/d 6 Juli 2015. Posisi Herman HN masih menempati posisi paling tinggi dalam hal popularitas, sedangkan urutan kedua disusul oleh Hartono Lojaya dengan presentasi yang tipis.

“Berdasarkan popularittasnya adalah sebagai berikut masyarakat mengenal dan tahu nama Herman HN 78,2 % , Hartarto Lojaya 72,3 % , Maruly Hendra Utama 59,2 % , Muhammad Yunus 34,3%,” ujar Munatsir di Jakarta, Senin (13/7/2015).

Nama Herman HN banyak dikenal oleh masyarakat. Sebab, ia masih menjabat sebagi walikota Bandar Lampung dan pernah mencalonkan didri sebagai Cagub Lampung. Sedangkan Hartarto Lojaya karena terpilih untuk kedua kalinya sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung. Dan Maruly lebih dikenal karena mantan aktivis , begitu juga Muhamad Yunus sebagi pengiat anti korupsi.

Sementara itu, dalam hal akseptabilitas nama Herman HN juga masih berada dalam posisi puncak, dengan 29,3‎, disusul dengan Hartarto Lojaya sebesar 26,2 %, kemudian Maruly Hendra Utama 13,2% dan terakhir Muhamad Yunus 7,2 % sisanya 24,1 % menyatakan belum mau memilih.

“Berdasarkan jawaban spontan responden atas pertanyaan siapa yang akan dipilih jika pemilihan Walikota dilakukan hari ini maka Herman HN akan dipilih responden sebanyak 30,1 % , Hartarto Lojaya 31,2 % , Maruly Hendra Utama 14,2% dan Muhamad Yunus 5,3 % dan belum memilih 19,2 %,” tegasnya.

Dengan adanya survei ini, maka diprediksi kedua bakal calon Herman HN dan Hartanto ‎akan bersaing kuat dalam Pilkada Lampung. Mereka memiliki potensi kuat untuk memenangkan Pilkada. Pasalnya, meski banyak yang sudah bisa menentukan calonnya. Namun, jumlah yang belum mantap dengan pilihannya masih cukup besar.

“Sehingga potensi Herman HN , Hartarto Lojaya dan Maruly Hendra Utama sangat terbuka untuk memenangkan pemilihan walikota Bandar Lampung dan semua bergantung pada kerja tim sukses dan partai pengusung, perang opini dimedia yang bisa mempengaruhi pilihan rakyat terhadap calon,” jelasnya.

Menurutnya, bila posisi incumbent dibawah 50 % maka, yang calon yang bersangkutan akan berkerja keras untuk bisa memenangkan pemilihan walikota Bandar Lampung.

Dalam Survei ini jumlah responden/sample diambil dari jumlah populasi daftar pemilih tetap pada pemilu 2014 sebesar 634041 pemilih adalah 1722 sample atau responden dengan mengunakan metode penaikan sample yaitu Metode Multistage Random sampling dengan tingkat kepercayaan 98 % dan matgin error ± 2,8 %. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.