Jumat, 29 Oktober 21

Surat Eva Bande untuk Suku Anak Dalam dan Petani Jambi

Surat Eva Bande untuk Suku Anak Dalam dan Petani Jambi
* Eva Bande

Jakarta, Obsessionnews – Kurang lebih enam hari solidaritas suku Anak Dalam dan petani Jambi melakukan perjalanan menuju Jakarta. Aksi jalan kaki 1.000 Km itu bagian bentuk kampanye dan kritik pada pemerintah bahwa Indonesia mengalami darurat agraria.

Bentuk dukungan juga datang dari seorang aktivis agraria Sulawesi Tengah (Sulteng) Eva Bande melalui surat terbukanya, Rabu (23/3/2016). Eva mendukung dan mendoakan para masa aksi selamat sampai tujuan. Penguatan itu juga disuarakan atas kesadaran dan kepedulian terhadap bangsa yang masih cenderung berpihak pada korporasi

Begini bunyi surat Eva Bande:

Terharu dan Bangga kepada Petani Jambi, atas perjuangan yang teguh, hingga berjalan kaki ke Istana Presiden pada 17 Maret 2016. Teriring doa dan salam juang kepada saudara-saudara sekalian. Tabahlah, kuatlah terus dalam persatuan. Kami semua mendukung perjuangan saudara-saudara yang luar biasa ini.

Duhai kaum tani penyokong jalannya kehidupan di negeri ini…tak henti-hentinya pekik perjuangan dan perlawanan kalian lakukan. Seantero isi bumi bergetar mendengar menyaksikan dan mendengar teriakan dan derita kalian…. di Bumi manusia ini kalian tunjukkan, betapa angkuhnya kaum durja kuasa modal, yang membuat semua seolah tak berdaya, tetapi kalian pantang bersurut menuju pusat kuasa politik.

Kalian ajarkan kami melawan rasa takut, menghadang kebengisan penuh serakah korporasi-korporasi yang menguras setiap jengkal tanah pemberian Allah SWT dimanapun.

Duhai para pengurus negara, karena kalianlah negeri ini menjadi hampa makna…mengapa kalian membiarkan derita rakyat semakin menjadi-jadi… mereka telah beri kalian mandat, tapi kalian malah menjalankan mandat kaum durja kuasa modal…

Sudahilah derita rakyat ini wahai penguasa negeri. Jangan tunda lagi, segera selesaikan konflik agraria…hentikan perluasan dan pemberian izin kepada korporasi tanpa nurani itu… cabut saja izin yang sedang berlangsung…!!! Tanah untuk rakyat.. !!! Bukan untuk Tuan tuan kuasa modal…!!!

Meski jauh, derita kalian, perjuangan kalian hingga berjalan kaki ke jantung kuasa Negara, membuat saya dibagian lain negara ini, tak mampu bendung menetesnya air mata… perihnya rasa kalian, terasa menyesakkan dadaku…
Sudahilah wahai penguasa derita rakyat ini. Kaum tani dimanapun bersatulah…saling besar membesarkanlah kalian…saling kuat menguatkanlah kalian….jangan beri tempat kepada mereka yang melemahkan pun merusak perjuangan kalian….

Hidup Kaum Tani Indonesia…!!!
Sejahteralah Kaum Tani Indonesia…!!!
Bersatulah Kaum Tani Indonesia..!!!

Salam
Eva Bande

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.