Rabu, 15 Mei 24

Spanyol Cukur Italia 4-0 di Final Eropa 2012

Spanyol Cukur Italia 4-0 di Final Eropa 2012
* Spanyol Vs Italia 4-0 di Euro 2012. (ist)

Pada 1 Juli 2012, dengan laga dilangsungkan di Olympic Stadium, Kiev, disaksikan langsung oleh lebih dari 63.000 pasang mata dan dengan laga dipimpin wasit asal Portugal Pedro Proenca, Spanyol menegaskan kedigdayaan mereka atas Italia.

Perjuangan Italia di Piala Eropa 2012 berakhir antiklimaks, dengan dicukur 4-0 oleh Spanyol pada partai final.

Tampil menekan sejak menit pertama, Spanyol bisa mencuri keunggulan lewat gol David Silva di menit 14. Dan empat menit jelang turun minum, Jordi Alba menggandakan keunggulan.

Italia sempat memberikan perlawanan di babak kedua dan menciptakan sejumlah peluang. Tapi gol Fernando Torres di menit 84 dan Juan Mata di menit 88 pada akhirnya menyudahi perjuangan Italia.

Otomatis gelar juara menjadi milik Spanyol, yang menjadikan koleksi gelar la Furia Roja menyamai koleksi timnas Jerman, yaitu tiga gelar juara.

Spanyol juga mengukir rekor sebagai tim pertama yang bisa mempertahankan gelar juara mereka, setelah berhasil meraih gelar di edisi sebelumnya, yaitu Euro 2008.

5 Pertemuan Terakhir Italia vs Spanyol

02-09-2017: Spanyol vs Italia 3-0

06-10-2016: Italia vs Spanyol 1-1

27-06-2016: Italia vs Spanyol 2-0

24-03-2016: Italia vs Spanyol 1-1

05-03-2014: Spanyol vs Italia 1-0

Italia adalah satu-satunya tim yang telah memenangkan semua pertandingan mereka sejauh ini di Euro 2020 dan berada dalam rekor 32 laga tak terkalahkan, menunjukkan betapa solidnya mereka di bawah asuhan Roberto Mancini.

Spanyol juga melebihi ekspektasi atas mereka di turnamen musim panas ini, tapi Italia tampaknya berada dalam momentum yang lebih bagus untuk bisa melanjutkan perjalanan mereka ke partai puncak Kejuaraan Eropa musim panas ini.

Spanyol memiliki keunggulan sejarah atas Italia setelah memenangkan 12 laga dari total 34 pertandingan yang dimainkan antara kedua tim.

Italia hanya meraih sembilan kemenangan melawan Spanyol dengan 13 pertandingan lainnya berakhir imbang. Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada 2017 dan berakhir dengan kemenangan 3-0 untuk Spanyol.

Jelang laga nanti, pukulan telak harus diterima oleh Italia. Leonardo Spinazzola yang bermain luar biasa sepanjang turnamen harus absen karena mengalami cedera tendon yang cukup parah kala melawan Belgia di fase 8 besar.

Kehilangan Spinazzola sebagai pemain andalannya, tentu berpengaruh bagi skuad asuhan Roberto Mancini. Kolaborasinya dengan Lorenzo Insigne di sisi kiri permainan Italia kerap merepotkan pertahanan lawan. Bahkan, Spinazzola 2 kali menyabet gelar man of the match sepanjang EURO 2021 ini.

Di perempat final, Italia mengalahkan sesama kandidat juara, yakni Belgia. Gli Azzurri menang 2-1 melalui gol-gol Lorenzo Insigne dan Nicolo Barella. Sebelumnya, pasukan Roberto Mancini harus berjuang hingga extra time untuk menaklukkan Austria 2-1 lewat gol-gol Federico Chiesa dan Matteo Pessina.

Sementara itu, Spanyol sudah dua kali beruntun main hingga extra time untuk menaklukkan lawan-lawannya. Anak-anak asuh Luis Enrique menumbangkan Kroasia 5-3 lewat gol-gol Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta. Ferran Torres, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal.

Setelah itu, extra time saja tak cukup bagi La Furia Roja untuk menyingkirkan Swiss, dan laga harus berlanjut ke adu penalti, di mana penalti penentu kemenangan dicetak oleh Oyarzabal.

Ini akan menjadi kali keempat secara beruntun Italia dan Spanyol bertemu di fase gugur Piala Eropa. Sebelumnya, mereka berjumpa di perempat final Euro 2008, final Euro 2012, dan babak 16 besar Euro 2016.

Spanyol menang adu penalti di 2008 serta menang telak 4-0 di final 2012, dan Italia membalasnya dengan kemenangan 2-0 di edisi 2016.

Italia masih sempurna di Euro 2020, dengan 15 kemenangan dari 15 pertandingan sejak babak kualifikasi. Italia juga tak terkalahkan dalam 32 pertandingan terakhir.

Sementara itu, Spanyol punya catatan bagus, yakni selalu tembus sampai final dan keluar sebagai juara setiap kali lolos dari perempat final turnamen ini (Euro 2008, Euro 2012).

Italia dan Spanyol sama-sama didukung catatan statistik yang impresif. Namun, salah satu dari mereka perjalanannya harus berakhir. (*/Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.