Kamis, 1 Oktober 20

Solar Mahal, Pemerintah Dorong Penggunaan Gas Untuk Nelayan

Solar Mahal, Pemerintah Dorong Penggunaan Gas Untuk Nelayan
* Rizal Ramli.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebagai pendukung aktivitas kapal-kapal tradisional, solar dianggap menyerap biaya yang cukup mahal. Khususnya di Indonesia bagian timur yang makin sulit.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Menurutnya, pemerintah meminta departemen teknis untuk memulai melakukan konversi dari solar ke gas, sebagai cara untuk lebih murah dan lebih aman. Untuk itu, pemerintah perlu menyubsidi converter-nya, sehingga kapal-kapal nelayan tradisional bisa menggunakan gas.

“Kalau hal ini dilakukan, nelayan sendiri secara total diperkirakan akan menghemat Rp2,7 – Rp3 triliun. Sementara biaya subsidi converter-nya relatif kecil,” kata Rizal  Ramli kepada wartawan usai Rapat Terbatas tentang Kebijakan Pembangunan Kelautan, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Menurut Rizal, cara tersebut merupakan keputusan Presiden Joko Widodo untuk mendukung gerakan gasifikasi penggunaan gas untuk kapal-kapal nelayan tradisional. Sebab  pemerintah ingin memanfaatkan sebesar-besarnya sumber daya maritim untuk kepentingan rakyat dan nasional maritim. (Aprilia Rahapit, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.