Sabtu, 29 Januari 22

Siapa Lagi yang Tak Bayar Utang Selain Yunani ?

Siapa Lagi yang Tak Bayar Utang Selain Yunani ?

Jakarta, Obsessionnews – Selain Yunani yang tak mampu bayar hutang sebesar € 1,5 milyar, negara apalagi yang mengalami kejadian serupa ?

Krisis Yunani, memang menimbulkan kekhawatiran. Sebab, masyarakat dunia menilai persoalan tersebut bakal merembet kemana-mana meski jumlah hutangnya masih lebih rendah dari aset Lehman Brothers sebesar USD 600 milyar di Amerika Serikat (AS) yang harus diselamatkan pada 2008 lalu.

Pada November 2001, mata uang Argentina dipatok sama persis dengan milik Paman Sam selama bertahun-tahun. Tapi nyatanya, nilai tukar menjadi tidak akurat hingga memunculkan kepanikan dan warga setempat menarik dananya dari bank. Namun, aksi tersebut ditahan pemerintah.

Karena kondisi tersebut, ekonomi Argentina turun menjadi sepertiga dalam setahun. Juli 2014, negara asal Maradona tersebut pun dinyatakan gagal bayar dan tak mampu menyicil hutang pada kreditur.

Hingga saat ini, status gagal bayar masih disematkan pada Argentina.

Hutang Argentina jauh lebih kecil dari Yunani karena ukuran ekonomi negeri para dewa hanya setengah negara Maradona.

Akibat anggaran belanja besar selama bertahun-tahun serta tingginya inflasi, pada Februari 2010 Jamaika tak mampu membayar hutang.

Ketika itu, 40% APBN Jamaika dialokasikan untuk bayar hutang. Setelah menderita karena resesi ekonomi di AS pada 2008, negara ini menggantungkan hidup pada sektor pariwisata.

Desember 2008, Ekuador tak mau bayar hutangnya. Presiden Rafael Correa bilang tidak pada krediturnya. Dia beralasan, hutang dari Hedge Fund asal AS tidak bermoral.

Ekuador sebenarnya kaya sumber daya alam dan mampu membayar hutang. Namun, mereka memilih tidak mencicilnya.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.