Minggu, 28 April 24

Serunya Perayaan Satu Suro di Ngajum, Malang, Ada Kirab Sesaji dan Budaya

Serunya Perayaan Satu Suro di Ngajum, Malang, Ada Kirab Sesaji dan Budaya
* Achmad Fajar RH saat mengikuti kirab budaya. (Foto: ist).

Obsessionnews.com – Purwane Dumadi Kautaman Kasampurnan (PDKK) mengadakan kirab sesaji dan kirab budaya dalam rangka memperingati satu Suro memasuki tahun baru Islam. Perayaan kirab sesaji dan kirab budaya dilaksanakan di Dukuh Sembon, Desa Ngajum, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kirab budaya diikuti 19 kontingen dari tiap-tiap desa yang ada di Kecamatan Ngajum. Masing-masing dari mereka menampilkan tradisi dan kesenian khas Jawa, dan juga nuansa lokal. Sementara kirab Sesaji dilaksanakan di pelataran makam Eyang Djimat Panembahan Surya Alam.

Kepala Desa Ngajum Setyo Budi mengatakan, kirab budaya ini dilaksanakan setiap tahun untuk menggairahkan kembali tradisi Jawa di masyarakat, sekaligus memeriahkan tahun baru Islam yang dikemas dalam adat Jawa.

“Dengan kirab ini menunjukkan adanya sikap gotong royong yang kuat di masyarakat, dan kita sebagai masyarakat Jawa selalu berusaha menanamkan rasa cinta budaya dan cinta cinta Tanah Air,” ujarnya, Sabtu (22/7/2023).

Terlihat masyarakat sangat antusias mengikuti acara ini, ribuan orang ikut meramaikan kirab budaya. Sebelumnya PDKK terlebih dahulu mengadakan kirab sesaji, pada Jumat 21 Juli 2023, dan besok pada Minggu 23 Juli akan diadakan turnamen bola voli plastik.

Calon anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya Achmad Fajar Ridwan Hisjam yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi gelaran kirab budaya yang diselenggarakan PDKK. Selain untuk pelestarian budaya, kirab ini juga bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Dampak kegiatan ini saya kira bukan hanya untuk pelestarian budaya, tapi juga bisa untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Karena begitu ada keramaian, maka pedagang-pedagang kecil yang kecipratan rezekinya,” ujar Fajar.

Karena itu Fajar mendorong masyarakat untuk aktif menggelar kegiatan di desa-desa, termasuk menjelang bulan Agustus, pihaknya juga siap mendukung masyarakat yang berniat baik untuk membuat terobosan baru demi kemaslahatan bersama. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.