Senin, 13 Mei 24

Sejumlah Gejala Penyakit Malaria yang Perlu Diketahui

Sejumlah Gejala Penyakit Malaria yang Perlu Diketahui
* Ilustrasi seseorang pengidap penyakif Malaria (Foto: istimewa)

Obsessionnews–Malaria merupakan salah satu penyakit berbahaya yang terjadi akibat parasit Plasmodium. Parasit tersebut bisa menular melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi (nyamuk anopheles).

Anak-anak merupakan kelompok yang rentan mengalami sakit parah, akibat infeksi ini. Hal itu karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah.

Dengan mendeteksinya lebih dini, dokter bisa segera memberikan pengobatan dan mencegah komplikasi terjadi. Itulah pentingnya untuk mengenali gejala malaria pada anak, berikut gejala malaria pada anak secara umum, dirangkum berbagai sumber:

1. Demam tinggi

Demam tinggi adalah salah satu gejala utama malaria pada anak-anak. Demam bisa meningkat bertahap selama 1 hingga 2 hari, atau meningkat tiba-tiba hingga 40 derajat Celsius atau lebih.

2. Menggigil dan mudah berkeringat

Selain demam, anak yang terinfeksi malaria biasanya juga akan mengalami kedinginan. Anak bisa menggigil, dan mudah berkeringat.

3. Lebih rewel dari biasanya

Ini bisa menjadi pertanda malaria pada anak yang lebih kecil. Hal itu karena bayi dan anak yang masih kecil belum bisa menyampaikan ketidaknyamanan yang ia rasakan dengan baik.

Sehingga ia akan lebih rewel dan mudah menangis tanpa sebab. Jadi, jangan remehkan situasi anak yang mulai rewel.

4. Mudah mengantuk dan lemas

Bila Si Kecil jadi mudah mengantuk dan terlihat lemas atau kelelahan, hal itu juga patut diwaspadai. Sebab, itu bisa menjadi gejala malaria pada anak.

5. Tidak nafsu makan berkurang

Berkurangnya nafsu makan secara drastis juga bisa menjadi gejala awal malaria pada anak. Jangan menyepelekannya, karena gejala ini bisa membuat anak kekurangan nutrisi dan semakin lemas.

6. Sulit tidur

Karena demam atau ketidaknyamanan lainnya, anak yang terkena penyakit ini bisa sulit tidur dan menjadi rewel. Hal tersebut terjadi mungkin karena gejala yang dialami akan membuat kondisi tubuh tidak menentu.

7. Muntah

Mual dan muntah juga bisa terjadi pada anak yang terinfeksi penyakit ini. Gejala ini bisa membuat anak dehidrasi, kekurangan nutrisi, dan juga lemas.

8. Sakit kepala dan nyeri tubuh

Pada anak yang lebih besar, mereka bisa mengalami gejala seperti yang orang dewasa alami. Salah satunya adalah sakit kepala dan nyeri tubuh. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.