Jumat, 3 Februari 23

Sarmuji Sebut Peran Waskita Karya dalam Membangun Indonesia Sangat Besar

Sarmuji Sebut Peran Waskita Karya dalam Membangun Indonesia Sangat Besar
* M. Sarmuji Wakil Ketua Komisi VI DPR RI.

Obsessionnews.com – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji mengungkapkan, peran serta perusahaan BUMN PT Waskita Karya dalam proyek pembangunan infastruktur di Indonesia sangat besar. Hal ini diwujudkan melalui pembangunan di berbagai sektor antara lain jalan tol, bendungan, kelistrikan, bangunan gedung, bandar udara, dan jalur perkeretaapian.

Pada sektor jalan tol, Waskita turut berkontribusi dalam pembangunan beberapa jalan tol dengan total panjang +1.300 Km yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. “Pembangunan jalan tol ini sangat penting untuk mendongkrak perekonomian nasional,” ujar Sarmuji dalam acara sosialisasi BUMN di Blitar belum lama ini.

Tentu saja, kata Sarmuji, dengan adanya pembangunan jalan tol akan mempercepat akses masyarakat dalam melakukan mobilisasi. Misalnya, jalan tol Trans Jawa (Jakarta–Surabaya) yaitu dapat memangkas waktu tempuh dari 20 jam menjadi 12 – 15 jam. 

“Sedangkan manfaat Jalan Tol Trans Sumatera (Bakauheni – Palembang) yaitu dapat memangkas waktu tempuh dari 12 jam menjadi sekitar 6 jam. Waktu tempuh yang lebih singkat tersebut dapat menurunkan biaya pengiriman logistik khususnya biaya bahan bakar dan menjaga kualitas komoditas yang dikirim,” jelasnya.

Bukan hanya jalan tol, Waskita juga melakukan pengerjaan pembangunan bendungan di Indonesia. Beberapa bendungan yang telah dibangun adalah Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Way Sekampung di Lampung. 

Selain itu Waskita juga tengah membangun beberapa bendungan yang tersebar di seluruh Indonesia antara lain, Bendungan Rukoh di Aceh, Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat, Bendungan Karian di Banten, Bendungan Tiga Dihaji di Sumatera Selatan, Bendungan Jlantah di Jawa Tengah, Bendungan Bener di Jawa Timur dll. 

“Kita tahu bersama bahwa pada sektor kelistrikan, Waskita Karya saat ini tengah membangun jaringan transmisi 500 kV di Sumatera yang bertujuan untuk mengalirkan listrik dari pembangkit listrik tenaga batu bara di bagian selatan ke bagian utara Pulau Sumatera,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, Waskita juga membangun banyak gedung dan bangunan baik apartemen, masjid, hotel, rumah sakit dan segala macam. Termasuk membangun jalur kereta api, dan bandar udara di berbagai wilayah Indonesia.

Selain di dalam negeri, Waskita juga mengerjakan proyek di luar negeri. Waskita telah menyelesaikan antara lain King Faisal Specialist Hospital & Research Centre, King Abdullah Financial District, Burj View Development, dan Mataf Masjidil Haram di Arab Saudi, Abu Dhabi Financial Center, dan Legend Plaza Residential Apartment di Uni Emirat Arab, Bandara Suai dan Jalan Oecusse di Timor Leste. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.