Kamis, 4 Maret 21

Sah! Listyo Sigit Jadi Kapolri

Sah! Listyo Sigit Jadi Kapolri
* Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo disaksikan Presiden Jokowi menandatangani berita acara pelantikan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/01/2021) pagi. (Foto: Humas Setkab /Jay)

Jakarta, obsessionnews.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021). Dengan dilaksanakannya pelantikan ini, Listyo Sigit sekarang sah menjabat sebagai Kapolri.

 

Baca juga:

Dilantik Jokowi, Listyo Sigit Resmi Jabat Kapolri Berpangkat Jenderal

Komjen Listyo Sigit Akan Dilantik Jadi Kapolri Rabu 27 Januari 2021

Listyo Sigit Jadi Kapolri, Komunikasi Polri dengan Tokoh Agama Semakin Membaik

 

Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dibacakan Keppres tentang pengangkatan Listyo Sigit menjadi Kapolri.

Sebelum pembacaan sumpah jabatan Kapolri, orang nomor satu di Indonesia ini bertanya kepada Listyo Sigit.

“Sebelum Anda mengucapkan sumpah di hadapan Tuhan yang Maha Esa, berkaitan dengan pelantikan Kapolri harap di jawab pertanyaan saya,”ujar Jokowi.

“Saudara Komisaris Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, apakah saudara beragama kristen?” Tanya Jokowi kepada Listyo Sigit.

“Kristen,” jawab Listyo Sigit.

Kemudian Jokowi bertanya lagi. “Apakah anda bersedia saya ambil sumpah menurut agama Kristen?” Tanya Jokowi.

“Bersedia,” dijawab kembali oleh Listyo Sigit.

Lalu Presiden meminta Listyo Sigit untuk mengikuti kata-katanya. “Harap saudara mengikuti dan mengulangi kata-kata saya,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Kemudian Listyo Sigit mengangkat tangan kananya sejajar dengan bahu. Jokowi kemudian memandu pembacaan sumpah jabatan Listyo Sigit menjadi Kapolri.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata, kiranya Tuhan menolong saya” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Listyo Sigit.

Setelah pembacaan tersebut, Listyo menuju meja penandatanganan. Kemudian para saksi juga menuju meja penandatanganan, lalau Presiden juga menuju meja penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah dan jabatan Listyo sebagai Kapolri.

Lalu Listyo Sigit menandatangani berkas tersebut, yang di lanjuti oleh kedua saksi. Kemudian di tandatangani pula oleh Presiden Jokowi.

Dengan begitu, Listyo telah sah menjabat sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.