Selasa, 7 Desember 21

Rofik Perjuangkan Aspirasi Nelayan Kebumen

Rofik Perjuangkan Aspirasi Nelayan Kebumen
* Anggota Fraksi PKS DPR RI Rofik Hananto (kedua dari kiri) menyerap aspirasi masyarakat nelayan di kompleks Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (14/10/2021).

Kebumen, obsessionnews.com – Anggota Fraksi PKS DPR RI Rofik Hananto menyerap aspirasi masyarakat nelayan di kompleks Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (14/10/2021).

 

Baca juga:

Kementerian PUPR Bangun Rumah Panggung untuk Nelayan di Kampung Pinggir Laut

Ini yang Disampaikan Para Nelayan di Lamongan kepada Jokowi

Janji Arif-Rista untuk Kesejahteraan Nelayan Kebumen

 

 

Anggota Komisi VII ini berjanji akan memperjuangkan aspirasi nelayan tersebut. Sebab amanah sebagai anggota DPR adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

“Terkait aspirasi nelayan, kita coba untuk duduk bersama secara khusus. Karena ini berkait dengan dinas/instansi teknis. Saya bukan pengelola anggaran tapi saya punya program aspirasi,” kata legislator dari dapil Jateng VII itu seperti dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Humas Fraksi PKS DPR ini, Jumat (15/10).

Dia menuturkan, jika kebutuhan nelayan di Kebumen masih banyak yang belum mendapat sentuhan pemerintah bisa jadi karena konsentrasi pemerintah bukan ke nelayan. Atau pengampu kebijakan tidak tahu permasalahan di sini.

“Aspirasi yang sudah disampaikan akan saya pilih mana yang paling prioritas. Kalau saya sudah perjuangkan, namun belum berhasil mohon dimaklumi karena saya bukan pengelola anggaran,” katanya.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kebumen Bejo Priyono menyampaikan keluhan tentang kerusakan alur nelayan baik di Desa Karangduwur, Argopeni maupun Logending.

“Kami sudah mengirimkan surat kepada pemerintah, namun belum ada tanggapan. Kami harapkan jika ada anggaran dari pusat agar digelontorkan ke Kebumen untuk menunjang kesejahteraan nelayan,” katanya.

Kepala Desa Karangduwur Sutono berharap adanya anggaran dari pusat untuk pelabuhan nelayan di desanya.

“Alur penambatan perahu di Karangduwur sangat sempit sehingga minta diperlebar,” ujar Sutono.

Ia menambahkan, jalan Karangbolong hingga Pantai Ayah sempit dan banyak lubang. Padahal jalan itu menuju ke wisata pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Karena itu dia berharap ada perbaikan, diperlebar, dan kalau bisa diaspal hotmix.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Kebumen Joni Hermawan berharap Rofik bisa membawa aspirasi nelayan baik anggaran maupun kebijakan yang berpihak kepada nelayan di Kebumen.

Dalam kesempatan itu Rofik juga mengatakan akan mengupayakan pengadaan 10 unit mesin kapal untuk kelompok nelayan di akhir tahun ini.

Usai kegiatan Rofik menyempatkan diri melihat aktivitas di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangduwur dan berkeliling di Pantai Menganti yang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Kebumen. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.