Selasa, 1 Desember 20

Janji Arif-Rista untuk Kesejahteraan Nelayan Kebumen

Janji Arif-Rista untuk Kesejahteraan Nelayan Kebumen
* Kampanye Arif-Rista di Desa Kalisari, Kecamatan Rowokele, Kebumen. (Foto: Albar / OMG)

Kebumen, Obsessionnews.com – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih terus melakukan kampanye secara terbatas di semua kecamatan yang ada di Kebumen. Kali ini, Minggu (25/10/2020) kampanye Arif-Rista digelar di 11 titik di Kecamatan Rowokele.

Dalam proses kampanye itu, Arif-Rista gencar menyampaikan visi misi dan janji politik sebagai kontrak langsung dengan masyarakat. Dari visi misi itu, pasangan Arif-Rista bertekad menjadikan masyarakat Kebumen lebih makmur dan sejahtera, terbebas dari predikat kabupaten termiskin di Jawa Tengah.

Tentu saja kata Arif, calon pemimpinnya harus punya ide dan program serta gagasan yang cemerlang. Dari sekian program atau janji yang ditawarkan, pasangan Arif-Rista menyampaikan komitmennya untuk mensejahterakan masyarakat Kebumen disemua sektor, termasuk nelayan.

Baca juga: Janji Arif-Rista Ubah Wajah Kota Kebumen Tanpa Penggusuran

Arif menyampaikan, nasib para nelayan di Kebumen harus betul-betul diperhatikan. Sebab, potensi kekayaan laut di Kebumen begitu luar biasa banyaknya. Karena itu jangan sampai kata Arif, potensi kekayaan laut ini tidak bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan para nelayan.

“Kabupaten Kebumen punya potensi alam kearifan lokal yang luar biasa, kita memiliki laut, darat dan pegunungan. Kita liat nelayan sampai sekarang ketika dari laut ikannya langsung dijual habis. Tidak ada tempat penyimpanan. Inilah ke depan Insya Allah kita akan buat tempat perikanan supaya penjualannya tidak tertekan, bisa ada waktu untuk menahan,” ujar Arif.

Wakil Bupati Kebumen yang tengah mengambil masa cuti kampanye ini menyatakan tempat penyimpanan ikan itu nantinya akan dibangun di sepanjang wilayah Pantai Kebumen yang tersebar dari Kecamatan Ayah sampai Mirit dengan luas laut 6.867 km2. Hal ini menjadi PR bagi Arif jika terpilih pada 9 Desember mendatang.

Baca juga: Mantan Pimpinan KPK Bambang Widjojanto Dukung Arif-Rista

Tidak hanya itu, Arif menyatakan sektor kelautan di Kebumen juga tidak hanya dimanfaatkan dari aspek perikanan saja. Namun juga dari sektor pariwisata. Keindahan pantai Kebumen yang menyatu dengan pengunungan di wilayah selatan cukup memukau dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan dari berbagai daerah.

Hal ini kata Arif, juga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. “Kita juga punya Program namanya “Demen Mbumen” yakni, gerakan cinta produk Kebumen dan pengembangan pariwisata berbasis potensi desa,” tutur Arif menjabarkan programnya.

Arif berjanji akan mengembangkan potensi wisata desa di wilayah selatan pantai Kebumen dan desa wisata lainnya termasuk di wilayah Kebumen Utara dengan pembangun Infrastruktur jalan. Karena, mulusnya sebuah jalan menjadi kunci utama pergerakan roda ekonomi.

Baca juga: Begini Upaya Arif-Rista Menciptakan Birokasi yang Bersih di Kebumen

“Jadi program itu nanti semua bisa kita integrasikan. Misalnya di sektor wisata kita integrasikan dengan program “Jamu Seger” yakni, jalan mulus ekonomi bergerak. Jalan-jalan yang rusak nanti akan kita perbaiki agar ekonomi rakyat bisa bergerak,” tandasnya.

Arif mengatakan ada 60 persen jalan di kondisinya rusak. Sedangkan salah satu syarat majunya pariwisata Kebumen adalah infastruktur harus terbangun dan tertata dengan rapih. Tanpa jalan yang mulus, mustahil orang akan mau berwisata di Kebumen. Karena itu pasangan Arif-Rista berjanji akan memperbaiki jalan yang rusak, guna mendorong pertumbuhan ekonomi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.