Sabtu, 4 Mei 24

Ribuan Personel Keamanan Amankan ‘Aksi Damai Bela Palestina’ di Monas

Ribuan Personel Keamanan Amankan ‘Aksi Damai Bela Palestina’ di Monas
* Suasana Aksi Damai Bela Palestina" di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Minggu (5/11/2023). (Foto: Edwin B/obsessionnews.com)

Obsessionnews.com – Sebanyak 3.448 aparat keamanan diterjunkan untuk mengawasi “Aksi Damai Bela Palestina” di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Polda Metro Jaya juga melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Monas dalam upaya memastikan kelancaran acara tersebut, pada Minggu (5/11/2023).

Dalam aksi bela Palestina ini, ribuan personel keamanan, termasuk dari Polri, TNI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bekerja sama untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama peristiwa tersebut berlangsung.

Kombes Susatyo Purnomo Condro, Kapolres Metro Jakarta Pusat, menyatakan, “Dari Polres Metro Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya, serta TNI dan Pemprov DKI Jakarta. Kami bersama-sama bersinergi mengamankan aksi damai bela Palestina ini.” Pengamanan ini sangat penting mengingat sejumlah kegiatan masyarakat seperti Car Free Day (CFD) yang rutin diselenggarakan di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Susatyo menjelaskan bahwa pengalihan arus lalu lintas di sekitar Monas dilakukan sesuai dengan situasi yang ada.

“Kami lihat dinamika di lapangan untuk arus lintas. Mengingat ada kegiatan masyarakat yaitu CFD yang sudah rutin dilaksanakan,” ujar Susatyo.

Ia juga berharap bahwa pesan damai yang dibawa oleh peserta aksi akan diterima dengan baik oleh masyarakat, dan bahwa acara tersebut dapat berjalan aman dan tertib.

“Pesan damai yang disampaikan dalam aksi ini untuk saudara-saudara kita di Palestina yang sedang mengalami konflik. (Semoga) akan diterima dengan baik oleh khalayak luas,” ujar Susatyo.

Sebagai bagian dari persiapan keamanan, Polda Metro Jaya telah menyiapkan empat rute rekayasa lalu lintas di sekitar Monas. Rute tersebut adalah:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Harmoni arah Majapahit akan dialihkan ke Jalan Juanda dan Jalan Suryopranoto.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan ke arah Gambir akan dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, dan Jalan Harmoni.

3. Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan kedua arah Timur dan Barat akan dialihkan.

4. Arus lalu lintas dari Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Selatan akan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Timur.

Dengan kerja sama yang kuat antara aparat keamanan dan pihak terkait, diharapkan “Aksi Damai Bela Palestina” dapat berlangsung dengan aman dan sukses di Monas. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.