Kamis, 25 April 24

Presiden Jokowi Buka Jambore Nasional X

Presiden Jokowi Buka Jambore Nasional X

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Pramuka Ke-55 sekaligus secara resmi membuka Jambore Nasional Ke-10 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Presiden Jokowi yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka menjadi pembina upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB di hadapan 25.000 anggota Pramuka dari 34 provinsi di Indonesia dan 225 peserta dari luar negeri.

Beberapa tokoh nasional, pejabat negara, dan kepala daerah tampak hadir pada pembukaan Jambore Nasional X ini. Mereka di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Menkominfo Rudiantara, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menpora Imam Nahrawi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan pimpinan kepanduan dari negara-negara ASEAN.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan bahwa peran Pramuka sampai sejauh ini harus diakui besar dalam pembentukan karakter bangsa.

“Organisasi ini harus diakui telah mewarnai sejarah hidup kita, anggota jaringan juga besar membuat kita makin yakin bahwa Gerakan Pramuka berperan membangun karakter bangsa Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kwarnas juga memberikan penghargaan kepada 38 tokoh yang berkontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka, termasuk kepada mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang dianugerahi penghargaan tertinggi dalam Pramuka, yakni Satya Lencana Tunas Kencana.

Jambore Nasional X kali ini digelar dengan tema “Keren Gembira Asyik”. Dan sebagai salah satu upaya rebranding, Gerakan Pramuka juga merambah dunia maya dengan tagar #Haripramuka55 dan #Jamnas2016 yang sempat menjadi trending topik pada platform media sosial Twitter dan Facebook.

Acara ini juga dimeriahkan dengan agenda pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan 1.000 chuck glider oleh 1.000 peserta Jambore Nasional.

Chuck glider merupakan model pesawat ringan dengan teknologi pesawat udara yang diterbangkan dengan cara dilemparkan. Setiap chuck glider yang diterbangkan adalah hasil karya para anggota Saka Dirgantara dengan presisi teknologi sederhana kedirgantaraan.

Jambore Nasional merupakan pesta kegiatan Pramuka Penggalang se-Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan. Selain kegiatan-kegiatan bersifat fun, peserta Jambore juga melakukan kegiatan sosial, kesukarelawanan, kunjungan ke berbagai instansi pemerintahan, dan lain-lain. (Fath/Ant)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.