Jumat, 17 Mei 24

Presiden Jokowi Bertolak ke Timor Leste

Presiden Jokowi Bertolak ke Timor Leste

Denpasar, Obsessionnews – ​Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kenegaraan ke Dili, Timor. Presiden bersama rombongan bertolak dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1‎, Selasa (26/1/2016), pukul 07.00 WITA.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kenegaraan ini, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi‎ dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kunjungan Kenegaraan ke Timor Leste merupakan yang pertama setelah Presiden Jokowi Terpilih. Karena itu, momentum ini akan dimanfaatkan pemerintah Indonesia untuk memperkokoh hubungan masa depan kedua negara serta menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi mitra utama pembangunan Timor Leste.

Sejumlah agenda tengah disiapkan selama kunjungan. Pertama, ‎Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Timor Leste Maria De Araujo. Beberapa isu yang akan dibahas antara lain penguatan kerjasama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastuktur serta komitmen bersama untuk mempercepat penyelesaian isu perbatasan.

Pemerintah Timor Leste juga akan menganugerahkan Bintang Jasa Tertinggi Republik Demokratik Timor-Leste Grande Colar de Ordem de Timor Leste kepada Presiden Jokowi yang akan dikalungkan oleh Presiden Taur Matan Ruak.

​Dalam kunjungan tersebut akan ditandatangani pula 5 MoU yaitu MoU Kerjasama Pemuda dan Olahraga, MoU Kerjasama Kearsipan, MoU Kerjsama Klimatologi dan Geofisika, MoU Kerjasama Search and Rescu, serta MoU Kerjasama Energi, Petroleum dan Sumber Daya Mineral.

Sebelum kembali ke tanah air, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Metinaro dan Taman Makam Pahlawan Seroja. Malam harinya Presiden dan rombongan terbatas diperkirakan sudah tiba di tanah air. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.