Selasa, 15 Oktober 19

Potensi Letusan Lebih Besar Gunung Agung Kian Nampak

Potensi Letusan Lebih Besar Gunung Agung Kian Nampak
* Gunung Agung meletus pada pukul 17.30 WITA pada Sabtu (25/11). (Dok.Youtube/CNN)

Jakarta, Obsessionnews.com – Erupsi Gunung Agung yang berlokasi di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, ini terus meningkat. Tingkat erupsi  Gunung Agung  meningkat dari fase freatik ke magmatic. Ini teramati sejak sinar api di puncak di malam hari pada Sabtu (25/11/2017) pukul 21.00 WITA.

Erupsi merupakan suatu proses pelepasan material dari gunung berapi seperti lava, gas, abu dan lain sebagainya ke atmosfer bumi ataupun ke permukaan bumi dalam jumlah yang tidak menentu. Erupsi ini dapat diartikan sebagai letusan gunung berapi ataupun semburan minyak dan uap panas dari dalam perut bumi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Senin (27/11) menyatakan, sampai hari ini erupsi fase magmatik disertai kepulan abu tebal menerus mencapai ketinggian 2.000-3.400 meter dari puncak.

Kepulan abu yang menerus kadang-kadang disertai erupsi eksplosif disertai suara dentuman lemah yang terdengar sampai jarak 12 km dari puncak. Sinar api semakin sering teramati di malam hari berikutnya. Ini menandakan potensi letusan yang lebih besar akan segera terjadi.

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan dan risiko bencana maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Agung dari Siaga (level 3) menjadi Awas (level 4) terhitung mulai 27/11/2017 pukul 06:00 WITA. Status Awas adalah status tertinggi dalam status gunung api.

Munculnya berita tentang Gunung Agung ini menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Senin (27/11) pukul 14.23 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 100.000 kali.

Seperti diketahui Gunung Agung meletus pada Sabtu (25/11) lalu pukul 17.30 WITA . Letusan ini ditandai dengan keluarnya asap kelabu kehitaman setinggi 1.500 meter dari permukaan kawah. (Popi)

Baca juga :

Waspada! Masyarakat Jangan Beraktivitas di Sekitar Gunung Agung

Soal Gunung Agung, BNPB Tengah Koordinasi Lintas Pemerintah

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.