Sabtu, 11 Mei 24

Polisi Bunuh Remaja ‘Pelanggar’ Lalu Lintas, Protes dan Kerusuhan Meletus di Paris

Polisi Bunuh Remaja ‘Pelanggar’ Lalu Lintas, Protes dan Kerusuhan Meletus di Paris
* Rekaman polisi todongkan senjata ke seorang pengemudi, sebelum tembak mati. (RTR/BBC)

Protes dan kerusuhan meletus di wilayah Paris semalam setelah polisi menembak mati seorang remaja berusia 17 tahun yang gagal berhenti ketika diperintahkan oleh polisi lalu lintas.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan seorang polisi menodongkan senjata ke pengemudi mobil, sebelum terdengar suara tembakan. Mobil kemudian menabrak berhenti.

Remaja bernama Naël M itu meninggal karena luka tembak di dada meski mendapat bantuan dari layanan darurat.

Petugas yang dituduh menembaknya telah ditahan atas tuduhan pembunuhan.

Naël M adalah orang kedua tahun ini di Prancis yang tewas dalam penembakan polisi saat berhenti lalu lintas. Tahun lalu rekor 13 orang tewas dengan cara ini.

Menurut surat kabar Le Monde, polisi awalnya menyatakan remaja tersebut mengendarai mobilnya ke arah mereka dengan maksud untuk menyakiti mereka.

Tapi rekaman yang diposting online dan diverifikasi oleh kantor berita AFP menceritakan kisah yang berbeda.

Ini menunjukkan dua petugas di kendaraan. Seseorang mengarahkan senjatanya ke pengemudi melalui jendela dan tampak menembak dari jarak dekat saat dia mencoba untuk pergi.

Agensi tersebut juga melaporkan bahwa seseorang dalam video terdengar mengatakan “Anda akan ditembak di kepala”,  tetapi tidak jelas siapa yang mengatakannya.

Dua lainnya berada di dalam mobil pada saat penembakan , satu melarikan diri sementara yang lain, juga di bawah umur, ditangkap dan ditahan oleh polisi.

Penembakan itu memicu serangkaian protes pada Selasa malam di Nanterre, daerah di sebelah barat Paris tempat remaja itu dibunuh. Sedikitnya 24 orang ditangkap menyusul gangguan tersebut.

Mobil dan tempat sampah dibakar, dan halte bus dihancurkan. Kembang api juga dinyalakan di dekat kantor polisi. Polisi anti huru hara menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa, beberapa di antaranya membuat barikade sepanjang malam.

Beberapa insiden kerusuhan juga tercatat di kota Asnières, Colombes, Suresnes, Aubervilliers, Clichy-sous-Bois dan Mantes-la-Jolie.

Pihak berwenang telah membuka dua penyelidikan terpisah setelah kematian remaja itu – satu kemungkinan pembunuhan oleh seorang pejabat publik, dan satu lagi tentang kegagalan pengemudi untuk menghentikan kendaraannya dan dugaan upaya untuk membunuh seorang petugas polisi.

Kepala polisi Paris Laurent Nuñez mengatakan kepada stasiun televisi Prancis BFMTV bahwa tindakan polisi tersebut “menimbulkan pertanyaan”, meskipun dia mengatakan bahwa petugas tersebut mungkin merasa terancam.

Pengacara keluarga remaja berusia 17 tahun itu, Yassine Bouzrou, bersikeras bahwa itu adalah pembelaan yang tidak sah, mengatakan kepada saluran yang sama bahwa video tersebut “dengan jelas menunjukkan seorang polisi membunuh seorang pemuda dengan darah dingin”.

Dia menambahkan bahwa keluarga tersebut telah mengajukan pengaduan terhadap polisi karena “berbohong”, setelah awalnya mengklaim mobil tersebut mencoba menabrak petugas.

Pengacara lain yang mewakili keluarga korban, Jennifer Cambla, mengatakan kepada media lokal bahwa tidak ada yang bisa membenarkan apa yang telah terjadi, dan menggambarkan kematian itu sebagai “eksekusi”.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin pada hari Selasa mengatakan video yang dibagikan di media sosial “sangat mengejutkan”.

Dia mendesak orang-orang untuk “menghormati kesedihan keluarga dan praduga tidak bersalah dari polisi”.

Pemimpin sayap kiri Jean-Luc Mélenchon menyatakan “belasungkawa yang tulus” kepada keluarga remaja tersebut. “Tidak ada petugas yang berhak membunuh kecuali untuk membela diri,” tulisnya dalam tweet.

“Kepolisian yang tidak terkendali ini mendiskreditkan wibawa negara. Harus dirombak total,” tandasnya dilansir BBC, Rabu (28/6/2023).

Dua minggu lalu, seorang pengemudi berusia 19 tahun ditembak mati oleh polisi di kota Angouleme, Prancis barat, setelah diduga memukul kaki seorang petugas saat berhenti lalu lintas. (BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.