Rabu, 17 Juli 19

Pertamina dan Warga Tanjung Palas Gelar BBK

Pertamina dan Warga Tanjung Palas Gelar BBK
* Pertamina dan warga Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau, menggelar Bersih-Bersih Kampung (BBK), Sabtu (6/7/2019).  (Foto: Pertamina)

Dumai, Obsessionnews.com –  Untuk mempererat jalinan kebersamaan dengan masyarakat di sekitar wilayah operasi kilang, Pertamina meluncurkan program Bersih-Bersih Kampung (BBK). Kegiatan BBK perdana digelar di RT 01, RT 02 dan RT 03 Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (6/7/2019).

 

Baca juga:

Pertamina Tambah Pasokan BBM 652.000 Liter Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

Pertamina Apresiasi 100 Operator SPBU di Sepanjang Tol Trans Jawa

Pertamina Hadirkan 10 SPBU di Tol Trans Jawa

 

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Refinery Unit  (RU) II Muslim Dharmawan membuka acara tersebut bersama perwakilan Lurah Tanjung Palas dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas.

Muslim mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh Pertamina dan warga Tanjung Palas, khususnya yang berada di jalan Parit Paman yang lokasinya berdekatan dengan pagar kilang Pertamina RU II.

Pertamina dan masyarakat bersama-sama membersihkan lingkungan sekitar dari sampah, tanaman liar, dan pohon yang terlalu rimbun yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari masyarakat.

“Selain melibatkan sukarelawan dari warga, pada momen ini kami juga melibatkan pekerja Pertamina RU II dari berbagai fungsi untuk meningkatkan semangat kebersamaan antara Pertamina dan warga sekitar. Alhamdulillah  250 peserta  saling bekerja sama membersihkan lingkungan,” tutur Muslim seperti dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Pertamina.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan program BBK ini menjadi tambahan program kolaborasi yang melibatkan pekerja Pertamina dan masyarakat sekitar. Sebelumnya program kolaborasi serupa telah dijalankan, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, safari Ramadan, pemberdayaan kelompok tani lansia dan berbagai program lainnya.

Selain itu sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang ingin tumbuh berkembang bersama masyarakat sekitar, Pertamina RU II telah menjalankan berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), khususnya di Keluarahan Tanjung Palas, yakni pembangunan drainase, normalisasi parit hingga program Pertamina Berbagi Terang berupa penambahan lampu jalan di beberapa ruas jalan di Kelurahan Tanjung Palas.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme  masyarakat atas setiap program yang kami laksanakan, termasuk kegiatan Bersih-Bersih Kampung ini. Dengan ikut membersihkan lingkungan khususnya di sekitar pagar kilang, masyarakat pun telah ikut serta menjaga kemanan dan ketertiban Kilang Pertamina sebagai objek vital nasional yang juga dilindungi oleh Undang-Undang,” ujar Muslim.

Ditemui pada kesempatan yang sama Ketua RT 001 Tanjung Palas Amir  menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pertamina yang telah mendukung terlaksananya program BBK ini. Ia pun merasa bangga, karena warga masyarakat dapat menunjukkan semangat dan komitmennya dalam menciptakan lingkungan sekitar yang bersih dan aman.

“Selama ini  Pertamina selalu responsif terhadap aspirasi dari warga masyarakat. Harapan kami kegiatan ini tidak berhenti di sini dan dapat diteruskan di kemudian hari,” tandasnya.

Menjawab harapan tersebut, Muslim mengatakan melihat antusiasme warga pada pelaksanaan BBK edisi perdana ini pihaknya berencana untuk menjadikan program ini sebagai program yang berkelanjutan.

“Ke depannya kami akan jadikan BBK ini sebagai program rutin. Dengan melihat evaluasi kegiatan hari ini, Insya Allah pada pelaksanaan berikutnya kegiatan dapat berjalan lebih lancar dan tingkat keikutsertaan pekerja Pertamina maupun warga Tanjung Palas pun akan lebih tinggi,” pungkasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.