Selasa, 26 Oktober 21

Perjuangkan Kemerdekaan Palestina Jangan Cuma Wacana!

Perjuangkan Kemerdekaan Palestina Jangan Cuma Wacana!
* Wakil Ketua DPR Taufiq Kurniawan.

Jakarta, Obsessionnews – DPR RI berharap, perjuangan untuk mendukung kemerdekaan Palestina dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (KTT OKI) tidak hanya sebatas wacana dan selalu diulang-ulang.

Wakil Ketua DPR RI Taufiq Kurniawan mengatakan, negara-negara OKI yang mayoritas penduduknya beragama Islam, harus bisa memperjuangkan kemerdekaan Palestina dalam wujud yang riil, bukan hanya sebatas seremonial.

“Kita ingin agar dukungan yang diberikan secara riil, tak hanya sekadar wacana dan retorika,” katanya di Gedung DPR, Senin (7/3/2016).

Dalam UUD 1945 Indonesia memang menolak segala bentuk penjajahan. Forum KTT OKI dianggap tetap untuk membuat perencanaan tentang bagaimana bisa memperjuangkan Palestina sebagai negara merdeka. ‎

“Ini menjadi komitmen di dalam konstitusi kita juga, bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa,” ujarnya.

Se‎mentara itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, sebagai wadah kerja sama negara Islam, OKI memiliki peran strategis untuk memberikan dorongan yang kebih kuat untuk mempercepat kemerdekaan Palestina.

Hanya saja, kata dia, OKI yang sudah lama terbentuk, kenyataannya belum mampu memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Padahal, wacana itu selalu menjadi pembahasan dalam setiap acara KTT.

“Sebab, didirikannya OKI merupakan reaksi atas kekalahan negara-negara Arab dalam perang Arab-Israel 1967, pendudukan Palestina oleh Israel,” kata Fadli. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.