Jumat, 10 Mei 24

Peringatan Hari Matematika Internasional, Begini Sejarahnya

Peringatan Hari Matematika Internasional, Begini Sejarahnya
* Ilustrasi Matematika (Foto: istimewa)

Obsessionews — Setiap tanggal 14 Maret selalu dirayakan sebagai Hari Matematika Internasional atau ‘International Day of Mathematics’. Perayaannya dilakukan dengan sejumlah orang berpartisipasi dalam perlombaan hingga pengajaran.

Melansir situs National Today, Hari Matematika Internasional pertama kali dicetuskan dalam sesi ke-40 Konferensi Umum UNESCO. Konferensi tersebut dilaksanakan pada November 2019.

Disebut Hari Pi karena mengambil angka dari bilangan konstanta yakni 3, 1, dan 4. Yang mana dapat diartikan bahwa perayaan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 bulan 3 atau Maret.

Kemudian pada tahun 2020, dunia merayakan Hari Matematika Internasional yang pertama. Dengan adanya Hari Matematika Internasional diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran matematika di segala bidang kehidupan.

Dengan mengusung tema tahun ini yaitu “Mathematics Unites” bertujuan untuk memberikan manfaat bagi siswa, guru maupun masyarakat umum. Hal itu dilakukan agar dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya ilmu matematika dalam pendidikan.

Baik sebagai sebuah terobosan teknologi dan pengelolaan masyarakat, yang meliputi peran matematika dalam organisasi masyarakat modern. Termasuk sistem ekonomi, keuangan, kesehatan, transportasi, dan telekomunikasi dalam upaya kesejahteraan manusia serta penanggulangan bencana alam. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.