Sabtu, 24 Oktober 20

Penanggulangan Covid-19, Ini yang Dilakukan Kemenperin

Penanggulangan Covid-19, Ini yang Dilakukan Kemenperin
* Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi. (Foto: Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com  – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terlibat aktif dalam upaya penanggulangan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Kemenperin terus mendorong hilirisasi dan komersialisasi produk-produk riset dan inovasi di sektor industri, termasuk yang saat ini sedang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. Untuk itu diperlukan langkah kolaborasi dengan para stakeholder agar hal tersebut bisa terwujud.

 

Baca juga:

Di Masa Pandemi Covid-19, Kemenperin Pacu Produktivitas Industri Pengolahan Daging

FOTO Tanoto Foundation Berikan Bantuan kepada Kemenperin untuk Perangi Covid-19

Majukan Kopi Nusantara di Tengah Pandemi Covid-19, Kemenparekraf dan Kemenperin Gulirkan Kampanye #SatuDalamKopi

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi memberi contoh mengenai pengembangan ventilator di dalam negeri.

“Kami melakukannya melalui fasilitasi percepatan produksi, kemudahan bahan baku dan komponen, alat uji dan kalibrasi ventilator, serta berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk perizinan. Tentunya tetap mengedepankan faktor keselamatan, kemanfaatan dan moralitas,” kata Doddy di Jakarta dalam keeterangan tertulis, Senin (11/5/2020).

Ia memaparkan, sejak April 2020 telah dilaksanakan rapat koordinasi dengan inisiator ventilator nasional serta perwakilan Kementerian Kesehatan, yaitu Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK).

“Secara umum keempat tim pengembang ventilator adalah Tim Jogja, Tim ITS, Tim UI, dan Tim ITB yang sedang dalam proses uji fungsi dan uji klinis, serta penjajakan kerja sama industri untuk melakukan produksi skala besar,” terangnya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.