Jumat, 26 April 24

Pemkab Kukar Siap Amati Gerhana Matahari Total

Pemkab Kukar Siap Amati Gerhana Matahari Total
* Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari (kanan) saat mengunjugi Planetarium Jagad Raya Tenggarong. (Foto: Humas Pemkab Kukar).

Kukar, Obsessionnews – Jelang Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi esok Rabu, (9/3/2016), berbagai persiapan dilakukan sejumlah kalangan untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar dikabarkan akan melakukan pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) bersama Komunitas Pecinta Astronomi (Kompas) Kukar, di Planetarium Jagad Raya, Tenggarong.

Tak hanya mengamati GMT, di Planetarium Jagad Raya juga akan digelar Salat Kusuf (salat gerhana matahari).

“Kegiatan pengamatan GMT ini akan dimulai pukul 08.00 WITA pagi,” ujar Kadisbudpar Kukar, Sri Wahyuni, Senin (7/3), seperti dilansir situs resmi Pemkab Kukar, www.kutaikartanegarakab.go.id.

Menurut Sri, pengamatan GMT akan dilakukan dengan menggunakan peralatan teleskop di Planetarium. Nanatinya, hasil pengamatan akan terhubung dengan layar infokus di dalam gedung Planetarium, sehingga pengunjung bisa menyaksikan fase-fase GMT di dalam ruangan.

Para pengunjung juga bisa mendapatkan kenang-kenangan berupa gantungan kunci edisi khusus GMT 9 Maret 2016 dengan harga sangat terjangkau.

“Yuk kita amati fase-fase fenomena ini sama-sama di Planetarium Jagat Raya Tenggarong mulai pukul 08.00 WITA,” ajak Sri. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.