Sabtu, 4 Mei 24

Mulai Sekarang, Kenali Potensi Penyakit Sebelum Merayakan

Mulai Sekarang, Kenali Potensi Penyakit Sebelum Merayakan
* Ilustrasi Makanan Lebaran (Foto: Antara)

Obsessionnews — Lebaran adalah momen paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Namun, acara bersuka cita ini bisa menjadi bumerang bagi kesehatan jika tidak dijaga dengan baik.

Berikut adalah enam penyakit sering muncul setelah Lebaran dan bagaimana cara menghindarinya:

1. Penyakit lambung

Makanan lezat yang disajikan selama Lebaran seringkali membuat kita makan berlebihan. Hal ini bisa memicu gangguan pada saluran pencernaan, seperti asam lambung naik atau gastritis.

Agar menghindari hal ini, sebaiknya batasi jumlah makanan yang Anda makan setiap hari. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, dan hindari makanan pedas, asam, dan berlemak.

2. Flu atau pilek

Banyaknya orang yang berkumpul di satu tempat saat Lebaran bisa memicu penyebaran virus flu dan pilek. Hindari berjabat tangan dan menggunakan peralatan makan yang sama dengan orang lain.

Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut agar kuman dan virus tidak saling bertukar tempat.

3. Dehidrasi

Dehidrasi sering terjadi pada saat Lebaran, terutama jika kamu lupa untuk minum air putih yang cukup. Perbanyak minum air putih, hindari minuman bersoda dan beralkohol, serta konsumsi buah-buahan mengandung air seperti semangka dan melon.

4. Sakit kepala

Stres yang timbul selama persiapan Lebaran bisa membuat kepala kita sakit. Jangan lupa beristirahat dan tidur yang cukup, hindari stres berlebihan, dan lakukan relaksasi dengan teknik meditasi atau yoga.

5. Kadar Kolesterol dan Gula Darah Meningkat

Kondisi ini terjadi ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak. Karena makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol dan gula darah dalam darah yang meningkatkan risiko terkena diabetes.

Kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan nyeri pada dada atau lengan. Ini biasanya terjadi ketika sedang stres atau melakukan aktivitas fisik berat.

6. Kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan seringkali terjadi setelah Lebaran karena makan berlebihan dan kurang beraktivitas. Sebaiknya atur pola makan dengan olahraga yang sehat, dan hindari makanan mengandung gula serta lemak tinggi. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.