Jumat, 17 Mei 24

Montana jadi Negara Bagian AS Pertama yang Melarang TikTok

Montana jadi Negara Bagian AS Pertama yang Melarang TikTok
* Ilustrasi lambang TikTok. (Getty Images)

Montana telah menjadi negara bagian Amerika Serikat (AS) pertama yang meloloskan undang-undang yang melarang TikTok di perangkat pribadi, dilansir BBC, Sabtu (15/4/2023).

TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan China ByteDance, dituduh menimbulkan risiko keamanan nasional melalui data yang dikumpulkan dari pengguna.

Jika ditandatangani menjadi undang-undang oleh Gubernur Greg Gianforte, larangan tersebut dapat mulai berlaku pada bulan Januari.

Perusahaan telah menyarankan akan mengambil tindakan hukum untuk melawan Rancangan Undang-Undang (RUU) Montana.

RUU tersebut, yang dikenal sebagai SB 419, disahkan dengan suara 54 banding 43. RUU tersebut mengutip sejumlah kekhawatiran tentang TikTok, termasuk dugaan pengawasan dari pemerintah China.

Ini juga mengacu pada dorongan “aktivitas berbahaya” di kalangan pengguna muda aplikasi, seperti “melempar benda ke mobil yang sedang bergerak” atau “menyalakan cermin dan kemudian mencoba memadamkannya hanya dengan menggunakan bagian tubuh seseorang”.

Undang-undang melarang toko aplikasi untuk menawarkan TikTok. Namun, itu tidak melarang mereka yang sudah memiliki TikTok untuk menggunakannya.

Pelanggaran terhadap undang-undang tersebut dapat dikenakan denda hingga $10.000 (£8.000), yang akan diberlakukan oleh Departemen Kehakiman Montana. Hukuman berlaku untuk perusahaan, bukan pengguna individu.

Mr Gianforte, seorang Republikan yang sebelumnya melarang aplikasi tersebut di perangkat pegawai pemerintah, diharapkan untuk menandatanganinya.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara TikTok mengatakan bahwa “para pendukung RUU telah mengakui bahwa mereka tidak memiliki rencana yang layak untuk mengoperasionalkan upaya menyensor suara Amerika ini dan konstitusionalitas RUU tersebut akan diputuskan oleh pengadilan”.

“Kami akan terus berjuang untuk pengguna dan pencipta TikTok di Montana yang mata pencaharian dan hak Amandemen Pertama terancam oleh tindakan berlebihan pemerintah ini,” tambah juru bicara itu.

Pemerintah di seluruh dunia – termasuk di AS telah bergerak untuk membatasi pegawai pemerintah menggunakan TikTok di perangkat resmi.

Pada bulan Maret, Presiden AS Biden mengatakan kepada ByteDance bahwa perusahaan tersebut menghadapi potensi larangan federal jika tidak melepaskan kepemilikannya di aplikasi tersebut.

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan kepada panel Senat pada bulan Maret bahwa aplikasi tersebut “berteriak” tentang potensi masalah keamanan.

Dia juga menambahkan bahwa pihak berwenang “tidak yakin bahwa kita akan melihat banyak tanda lahiriah yang terjadi jika itu terjadi”.

Kelompok industri juga mengkritik undang-undang Montana dan upaya serupa untuk membatasi akses ke aplikasi.

Carl Szabo, wakil presiden dan penasihat umum NetChoice – grup industri yang mencakup TikTok – dikutip oleh mitra BBC di AS, CBS, mengatakan bahwa RUU itu “menetapkan preseden berbahaya bahwa pemerintah dapat mencoba melarang bisnis apa pun yang tidak disukainya. tanpa bukti kesalahan yang jelas.” (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.