Kamis, 18 Agustus 22

Menteri Yaqut Tegaskan Madrasah dan KUA Bersalin Rupa untuk Transformasi Layanan

Menteri Yaqut Tegaskan Madrasah dan KUA Bersalin Rupa untuk Transformasi Layanan
* Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan 33 gedung madrasah serta 6 gedung Balai Nilah dan Manasik Haji KUA di Jawa Tengah (Jateng). (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, obsessionnews.com – Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA). Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, hal itu dilakukan dalam kerangka transformasi layanan umat di bidang pendidikan dan layanan keagamaan.

Baca juga:

Sarpras Memadai, Kemenag Minta MAN IC Jadi Pionir Digitalisasi Madrasah

Penanggulangan Covid-19, Kemenag Salurkan Bantuan kepada 1.000 Pesantren dan 269 Madrasah

“Alhamdulillah, kita semua bersyukur madrasah-madrasah dan KUA banyak yang sudah bersalin rupa. Dulu kita lihat madrasah dari sisi bangunannya saja sudah tidak enak. Sekarang kita saksikan banyak gedung madrasah dan KUA sudah sedemikian megah dan kokoh berdiri,” kata Yaqut Cholil Qoumas usai meresmikan 33 gedung madrasah serta 6 gedung Balai Nilah dan Manasik Haji KUA di Jawa Tengah (Jateng), Rabu (9/2/2022), dikutip dari siaran pers.

Peresmian berlangsung pada 8 Februari 2022, dipusatkan di MTsN 1 Semarang.

“Madrasah dan KUA terus bersalin rupa demi mewujudkan transformasi layanan umat,” ujar Yaqut.

Yaqut menerbangkan, puluhan gedung baru madrasah dan KUA di Jateng ini dibangun melalui skema pembiayaan SBSN 2021. Di hadapan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, serta para Kepala Kankemenag dan Kepala Madrasah se-Jateng Yaqut menyatakan, sudah menjadi tugas bersama untuk menjadikan madrasah yang dulu hanya sebagai sekolah alternatif menjadi sekolah unggulan dan menjadi destinasi pendidikan.

“Salah satu caranya dengan memperbaiki tampilan fisik dan meningkatkan kualitas pembelajaran dan layanan,” tutur Yaqut.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Kota Semarang memberikan bantuan kepada Kantor Kemenag Kota Semarang untuk merehab KUA sebesar Rp1.040.225.000,-. Ada juga bantuan paving blok seluas 3.500 meter persegi yang diberikan kepada MTsN 1 Semarang.

Bantuan diserahkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kepada Kakankemenag Kota Semarang dan Kepala MTsN 1 Semarang, disaksikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Mengapresiasi komitmen Wali Kota Semarang terhadap peningkatan sarana pelayanan madrasah dan KUA di wilayahnya,” ujar Yaqut.

Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad mengatakan, 33 gedung  baru yang diresmikan Menag terdiri atas 12 ruang kelas baru, 17 asrama terpadu, 3 laboratorium terpadu, dan 1 gedung praktik pembelajaran.

Sementara pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji dibangun di lima lokasi,  yakni: KUA Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen, KUA Kecamatan Pakis Haji Kabupaten Jepara, KUA Kecamatan Dukuhturi KabupatenTegal, KUA Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap, KUA Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan, dan KUA Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.

Usai meresmikan bangunan SBSN 2021, Yaqut dan rombongan meninjau 29 stand pameran dari perwakilan madrasah se Jatebg di pelataran MTsN 1 Semarang. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.