Sabtu, 23 Februari 19

Menteri Puspayoga Minta Kampus Berperan Aktif Kembangkan Koperasi

Menteri Puspayoga Minta Kampus Berperan Aktif Kembangkan Koperasi
* Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga saat menggelar silaturahmi dengan perwakilan pengurus koperasi besar di Denpasar, Bali. (Foto: dok Kemenkop UKM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga meminta perguruan tinggi berperan aktif dalam mengembangkan perkoperasian melalui pencetakan sumber daya manusia (SDM) koperasi yang berkualitas. 

Hal itu mengingat perguruan tinggi sebagai lembaga intelektual turut bertanggung jawab atas penyiapan SDM yang diharapkan dapat menjadi pengelola koperasi yang handal, dapat menjadi pelopor maupun penggerak pembangunan ekonomi daerah.

Puspayoga mengatakan pembangunan koperasi bukan saja urusan pemerintah, tetapi juga menjadi urusan masyarakat dan lembaga-lembaga lain, termasuk perguruan tinggi. Peran pemerintah kata dia, hanyalah sebagai fasilisator dan motivator.

“Untuk itu, pemahaman tentang pengetahuan perkoperasian perlu disosialisasikan atau diinformasikan kepada para  pemuda untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan selanjutnya diharapkan mampu menyebarluaskan pengetahuan perkoperasian kepada khalayak luas,” kata Puspayoga melalui siaran pers, Selasa (5/2/2019).

Sehari sebelumnya, Deputi Pengawasan Kemenkop dan UKM, Suparno mewakili Menkop Puspayoga menghadiri acara pembukaan Rapat Anggita Tahunan (RAT) Koperasi “Kopma UGM” ke-37, di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. 

Suparno mengakui bahwa keberadaan Koperasi “Kopma UGM” dari sejak berdiri hingga kini berusia 37 tahun terus berkembang dan memberikan manfaat nyata kepada anggotanya, bahkan masyarakat sekitarnya.

Rektor UGM, Prof Panut Mulyono mengatakan, pada tahun 2018 Koperasi “Kopma UGM” telah membuktikan eksistensinya di kancah regional, nasional, bahkan internasional dengan sederet preastasi yang telah diraihnya. Diharapkan prestasi tersebut dapat dilanjutkan oleh kepengurusan berikutnya hasil RAT.

Panut menambahkan, Koperasi “Kopma UGM” juga telah berkontribusi  menyediakan sociopreneur muda untuk melatih jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan berbasis ekonomi kerakyatan. Hal ini sejalan dengan salah satu jati diri UGM yaitu sebagai kerakyatan. 

“Karena itu, universitas akan senantiasa bekerjasama dengan Koperasi “Kopma UGM” terutama untuk kegiatan kewirausahaan melalui Direktorat Kemahasiswaan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UGM juga mendorong kepada pengurus Koperasi “Kopma UGM” untuk mengembangkan diri dengan memanfaat tekonologi digital. Hal ini seiring dengan terus berkembanganya teknologi di era digital ini. 

“Dengan memanfaat  teknologi dan inovasi, diharapkan Koperasi “Kopma UGM” akan semakin berkembang dan tentunya akan semakin meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” pungkasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.