Rabu, 25 Mei 22

Menteri Eko: BUMDesa Ujung Tombak Kemendesa

Menteri Eko: BUMDesa Ujung Tombak Kemendesa

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo menegaskan ujung tombak di Kementerian Desa PDTT adalah Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), khususnya program Badan Udaha Milik Desa (BUMDesa) yang kini tengah gencar digarap Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa (PUED).

Hal itu diungkapkan Menteri Eko saat melakukan sidak ke kantor Direktorat Jenderal PPMD yang dikomandoi Ahmad Erani Yustika pada Jumat (29/7) malam.

Menurut Eko, BUMDesa harus mampu mengangkat Kementerian Desa PDTT, karena itulah perlu mendapat perhatian lebih maksimal agar bisa segera dinikmati oleh masyarakat.

“Ini nih di sini, BUMDesa yang manjadi ujung tombak Kemendesa. Kita harus kerja keras mengembangkan BUMDesa dari sini,” kata Eko ketika masuk ke ruang Direktorat PUED yang dipimpin Sugeng Riyono.

Para pegawai di kantor Direktorat PUED pun diminta oleh Menteri Eko agar terus berjuang. “Nah, ini dia para pahlawan BUMDesa. Ayo kita semangat,” ujar Eko kepada para pegawai di kantor PUED.

Usai menyalami seluruh pegawai Direktorat PUED, Eko melanjutkan sidaknya ke seluruh ruangan direktorat yang ada di kantor Ditjen PPMD.

Bahkan, ketika memasuki ruang dua ruang Subdit di direktorat PUED, Menteri Eko mengingatkan kepada Sekretaris Jenderal Kemendesa agar memperhatikan kebutuhan kantor. “Mana pak Sekjen. Ini harus jadi prioritas pak. Kantor saya dan rumah dinas saya gak usah direnovasi. Kantor ini saja diprioritaskan,” tandas Eko sambil melihat-lihat kondisi kantor subdit tersebut.

Eko yang mengenakan pakaian putih celana warna gelap dan bergesper, terus berkeliling ke setiap ruangan, didampingi Sekjen Kemendesa PDTT Anwar Sanusi, Dirjen PPMD Ahmad Erani Yustika, dan seluruh Direktur di Ditjen PPMD, serta para Kasubdit dan pejabat lainnya di lingkungan Ditjen PPMD.

Setelah seluruh ruangan di kunjungi, Menteri Eko masuk ke ruang Direktur Jenderal PPMD untuk beristirahat sambil berbincang-bincang dengan para pejabat eselon I dan II.

Menanggapi ungkapan Menteri Eko, Direktur PUED Sugeng Riyono yang dikenal sebagai Panglima BUMDesa menyatakan, siap menjadi ujung tombak Kemendesa. “Bahkan saya sudah siap membuat kejutan,” kata Sugeng.

Namun, kejutan apa yang akan ditampilkan Direktorat PUED, Sugeng belum bisa menjelaskannya. “Insya Allah, kita akan bergerak cepat dan tepat,” kata Sugeng.

Sementara itu, Dirjen PPMD Ahmad Erani Yustika menyatakan siap mengawal setiap kebijakan Menteri Eko Putro Sandjojo dan akan terus mendorong seluruh jajaran di Ditjen PPMD untuk bisa melaksanakan setiap kebijakan menteri.

“Ini menjadi tantangan bagi kami. Memang kami menyadari bahwa Dirjen PPMD, khususnya program BUMDesa ini merupakan ujung tombak, dan ini kami akan menjadikan BUMDesa ini sebagai program yang bisa segera dinikmati seluruh masyarakat desa,” ungkapnya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.