Jumat, 10 Mei 24

Mengenal 29 Februari sebagai Hari Kabisat

Mengenal 29 Februari sebagai Hari Kabisat
* Ilustrasi Tanggal 29 Februari (Foto: istimewa)

 

 

Obsessionnews — Tanggal 29 Februari 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini ternyata diperingati sebagai “Hari Kabisat”.

Merangkum berbagai sumber tahun 2024 ini merupakan tahun kabisat. Hari Kabisat jatuh pada tanggal 29 Februari 2024.

Tanggal 29 Februari adalah “hari kabisat” dalam kalender Gregorius. Yaitu hari ekstra yang ditambahkan pada akhir bulan Februari pada setiap 4 tahun sekali.

Ridwan Abdullah, dalam bukunya menuturkan kalender yang dipakai pada masa sekarang ini adalah kalender Gregorian. Kalender Gregorian tetap memakai sistem tahun kabisat, tetapi tiga dari empat tahun.

Setiap permulaan abad hanya memiliki 365 hari. Sementara tahun permulaan abad yang habis dibagi dengan angka 400 adalah tahun kabisat.

Terjadinya perubahan kalender Julian menjadi kalender Gregorian karena adanya selisih. Yakni, antara panjang satu tahun dalam kalender Julian (365,25 hari) dengan panjang rata-rata tahun tropis (tropical year; 365,2422 hari).

Tahun kabisat sangat penting. Hal itu karena jika tidak ada penambahan hari itu maka suatu saat akan berimbas menggeser waktu terjadinya musim.

Diketahui bahwa, kalender yang kita gunakan saat ini ternyata sedikit lebih pendek daripada tahun Matahari. Yang mana hal itu merupakan jumlah waktu yang diperlukan Bumi untuk mengorbit Matahari dalam satu kali putaran. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.