Selasa, 30 April 24

Memaknai Tafsir Mimpi SBY Bertemu Jokowi dan Megawati

Memaknai Tafsir Mimpi SBY Bertemu Jokowi dan Megawati
* Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Foto: Twitter @SBYudhoyono)

Catatan Sahrudi (Obsession Media Group)

 

MENARIK sekali mencermati tweet Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di akun Twitternya, @SBYudhoyono, Senin (19/6/2023). Di mana dalam isi tweet Presiden RI dua periode itu menceritakan beliau bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, lalu naik kereta dan turun di daerah kelahirannya masing-masing, kecuali Megawati yang turun ke Blitar untuk berziarah ke makam ayahandanya, Ir. Soekarno.

 

Baca juga:

SBY Mimpi Bertemu dengan Jokowi, Megawati, dan Presiden ke-8 RI

Anies Nilai Museum & Galeri SBY-ANI Luar Biasa

Anies Baswedan Dapat Wejangan dari SBY

 

Berikut ini kicauan lengkap SBY di Twitter:

  1. Saya bermimpi, di suatu hari Pak Jokowi datang ke rumah saya di Cikeas untuk kemudian bersama-sama menjemput Ibu Megawati di kediamannya. Selanjutnya kami bertiga menuju Stasiun Gambir.*SBY*
  2. Di Stasiun Gambir, sudah menunggu Presiden Indonesia Ke-8 & beliau telah membelikan karcis kereta api Gajayana ke arah Jawa Tengah & Jawa Timur. Karena masih ada waktu, sejenak kami berempat minum kopi sambil berbincang-bincang santai.*SBY*
  3. Setelah itu, kami bertiga naik kereta api Gajayana yang siap berangkat ke tujuan. Di perjalanan, kami menyapa rakyat Indonesia dengan hangat. Rakyat yang pernah kami pimpin dengan penuh kesungguhan hati. Memimpin bangsa yang tak pernah sepi dari tantangan. *SBY*
  4. Sampai di Solo, Pak Jokowi dan saya turun dari kereta. Pak Jokowi kembali ke kediamannya, saya terus ke Pacitan dengan bus. Sedangkan Ibu Megawati melanjutkan perjalanan ke Blitar utk berziarah ke makam Bung Karno. *SBY*

Lalu apa makna tafsir mimpinya? Menurut sejumlah sumber, semua makna mimpi SBY itu bernilai positif.

Pertama, SBY bertemu sahabatnya yaitu Jokowi dan Megawati, lalu jalan-jalan. Mimpi ini menandakan kalau yang bermimpi itu berada di lingkungan yang positif. “Hubungan dengan lingkungan sosial yang sekarang bisa membawa kedamaian dan kebahagiaan untuk yang bermimpi” demikian seperti dikutip grid.id.

Kemudian SBY, Megawati dan  Jokowi minum kopi untuk menunggu kereta tiba.

Seperti dikutip suara.com, bila kita memimpikan kopi, ini menandakan kita melihat lebih dalam ke inti permasalahan sebelum membuat keputusan atau pilihan. “Bermimpi minum kopi dengan seseorang bisa berarti  memiliki perasaan yang tidak terungkap terhadap orang tersebut. Mungkin inilah saatnya untuk terbuka dan jujur,” tulis suara.com.

Kemudian SBY, Jokowi dan Megawati naik kereta.

Mimpi naik kereta ini bermakna untuk membawa kita ke tujuan tertentu. Tafsir mimpi satu ini bisa menandakan bahwa kita sedang bergerak semakin dekat ke tujuan tersebut. “Melalui mimpi ini, artinya menjadi pesan bahwa kita harus serius dan berusaha lebih keras untuk mencapai tujuan itu,” demikian seperti dikutip gramedia.com.

Setelah itu Jokowi turun di stasiun kereta Solo, kemudian SBY melanjutkan naik bus ke Pacitan alias pulang ke kampung halaman.

Tafsir mimpi naik bus adalah pertanda bahwa kita akan menghadapi suatu masalah. Perlu untuk memperkuat diri dan mental sehingga bisa menghadapi masalah tersebut. Tafsir lain juga menyebut “mimpi naik bus dan pergi ke suatu tempat menunjukkan hubungan dengan seseorang dan seseorang tersebut kemungkinan tidak disukai” demikian dikutip berita.99.co.

Lalu makna mimpi SBY ke Pacitan alias pulang kampung? Seperti ditulis tribunjatim.com, mimpi pulang kampung bisa diartikan sebagai rasa rindu yang sangat dalam terhadap kampung halaman, keluarga, dan juga sanak saudara. Tapi dalam ilmu psikologi, masih mengutip Tribunjatim.com,  mimpi pulang kampung juga dapat melambangkan rasa tertekan dalam lingkungan.

Itulah makna tafsir mimpi SBY yang di utas di Twitter pribadinya. Silakan Anda tafsirkan sendiri apa maknanya. Namun Ibnul Qayyim RA pernah mengatakan tentang hakikat mimpi:”Mimpi merupakan permisalan yang dibuat malaikat yang ditugaskan Allah SWT untuk mengurusi persoalan mimpi agar orang yang bermimpi dapat mengambil petunjuk dari permisalan yang telah digambarkan baginya dan mengungkap apa yang samar baginya.”

Atau Anda sepakat dengan adagium bahwa mimpi adalah kembang tidur? **

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.