Jumat, 3 Mei 24

Medsos Berperan Besar dalam Pembangunan Kota Bandung

Medsos Berperan Besar dalam Pembangunan Kota Bandung

Bandung, Obsessionnews – Kota Bandung dikenal dengan konsep Smart City yang menggunakan berbagai inovasi digital untuk menjalankan roda pemerintahan. Salah satunya adalah optimalisasi sosial media sebagai jembatan antara publik dengan pemerintah. Saat ini, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan aparatur kewilayahan di Kota Bandung telah memiliki akun Twitter.

Hal ini dinilai efektif dalam merespon kebutuhan pelayanan masyarakat. Demikian disampaikan Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil selaku Keynote Speaker dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh Harian Pagi Tribun Jabar dengan tema “Ide Inovatif di Sosial Media untuk Kota Bandung” bertempat di Hotel Santika, Kota Bandung, Jumat (29/4/2016).

“Pemkot Bandung itu dinilai masyarakat dari tiga hal, yaitu integritas, pelayanan publik, dan integritas,” papar Ridwan.

Emil - Medsos2

Kemudian ia memaparkan bagamana media sosial dapat sangat membantu meningkatkan kinerja pemerintah dan membangun kepercayaan publik. “Melalui media sosial kita dapat berdialog dengan masyarakat. Masalah dapat lebih cepat diselesaikan,” jelasnya.

Ridwan mengaku setelah 2 tahun menjabat, tingkat komplain sudah menurun karena penggunaan media sosial ini. Twitter tidak hanya digunakan untuk merespon keluhan atau laporan warga.

SKPD juga secara simultan melaporkan kinerjanya dengan cara mengunggah foto saat melakukan aktivitas pelayanan.

Ridwan mengatakan setidaknya ada 200 foto yang diunggah setiap hari. “Meskipun demikian ini tidak menghilangkan physical interaction,” ungkap Ridwan.

Emil - Medsos3

Ia tetap melakukan interaksi langsung dengan masyarakat dalam berbagai program dan kesempatan.

FGD ini dimoderatori oleh Pemimpin Perusahaan Tribun Jabar Pitoyo dengan menghadirkan tiga pembicara, yakni Pakar Kebijakan Publik dari Universitas Padjadjaran Yogi Suprayogi Sugandhi, Pakar Media Sosial Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Moch. Fakhruroji, dan Member of Ridwan Kamil Watch, Andri P Kantaprawira.

Dalam forum ini hadir pula beberapa pimpinan SKPD serta perwakilan PT Telkom dan PT. Garuda Indonesia. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.