Minggu, 27 November 22

MDMC Kirim Bantuan 500 Kontainer untuk Warga Korban Letusan Gunung Semeru

MDMC Kirim Bantuan 500 Kontainer untuk Warga Korban Letusan Gunung Semeru
* Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sedang memberikan bantuan kesehatan kepada korban Gunung Semeru. (Foto: Muhammadiyah)

Jakarta, obsessionnews.comMuhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) mengirimkan bantuan logistik untuk warga terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur (Jatim). Pengiriman bantuan logistik tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan.

“Karena sekarang ini masih pandemi Covid-19, kami nyatakan ini bencana multihazard oleh karena itu relawan yang kami kirimkan harus tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan sampai ada hazard tambahan dari hazard yang merupakan ancaman serius dari erupsi Gunung Semeru,” ujar Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawandari keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Aleg dari PKS Potong Gaji untuk Bantu Korban Letusan Gunung Semeru

Adapun bantuan logistik yang dikirimkan berupa famili kit sebanyak 500 kontainer, logistik Covid-19 berupa 15.000 masker, handsanitizer, sarung tangan, obat-obatan dan barang medis lainnya. Selain dengan Lazismu, pengiriman bantuan logsitik tersebut juga hasil kerja sama MDMC dengan minimarket berjejaring.

Budi menambahkan, dikirim pula mobil dapur umum yang akan diperbantukan untuk menyiapkan makanan siap saji bagi warga terdampak maupun para relawan yang bertugas di lapangan. Semua bantuan tersebut diberangkatkan dari kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta pada Minggu (5/12) malam.

Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Bergerak Cepat Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru

Bantuan tersebut nanti akan dibagi menjadi dua titik yaitu satu di pos pelayanan dari arah Kabupaten Lumajang dan satunya arah Kabupaten Malang.

“Ini dilakukan karena terputusnya akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Malang akibat jebolnya jembatan Geladak Perak diterjang aliran lahar Gunung Semeru,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua MDMC Jatim Rofii mengatakan, MDMC Jatim menetapkan Gedung Muhammadiyah Kabupaten Lumajang sebagai pos layanan Muhammadiyah di sisi Kabupaten Lumajang dan SDN Sumber Urip 02.

“Di sisi yang bisa diakses dari Kabupaten Malang,” ujar Rofii. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.