Selasa, 19 Maret 24

Breaking News
  • No items

Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Bergerak Cepat Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru

Presiden Jokowi Perintahkan Jajarannya Bergerak Cepat Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru
* Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: setkab.go.id)

Jakarta, obsessionnews.com
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021). Presiden juga telah menerima laporan dan terus memonitor situasi dari waktu ke waktu.

Baca juga: Jokowi Perintahkan Kepala BNPB Pastikan Penanganan Pasca Erupsi Gunung Semeru

Hal tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang memberikan keterangan mewakili Presiden Jokowi, Minggu (5/12) sebagaimana ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Kabinet.

“Bapak Presiden sudah memerintahkan kepada Kepala BNPB, kepada Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” tutur Pratikno.

https://youtu.be/b0502LB2-nY

Selain itu Presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Pemerintah juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi Indonesia memang berada di wilayah cincin api atau ring of fire yang rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi semacam ini.

“Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” ungkapnya.

Atas nama Presiden, Wakil Presiden, pemerintah, dan seluruh rakyat Indonesia, Pratikno juga menyampaikan duka yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan korban luka-luka.

“Semoga Tuhan Yang Mahakuasa, Allah Swt., selalu memberikan pertolongan dan perlindungan kepada para korban dan juga kepada kita semuanya, serta memudahkan kita dalam menghadapi setiap tantangan,” tandasnya. (red/arh)

Sumber: setkab.go.id

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.