Jumat, 3 Mei 24

Lingkungan Keluarga Berada di Posisi Pertama Terjadinya Kekerasan pada Anak di 2023

Lingkungan Keluarga Berada di Posisi Pertama Terjadinya Kekerasan pada Anak di 2023
* Pjs Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Lia Latifah (kedua kiri) dalam konferensi pers Catatan Akhir Tahun Komnas PA Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (28/12/2023). (Foto: ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Obsessionnews.com – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyebut lingkungan keluarga menempati porsi tertinggi berdasarkan tempat kejadian kekerasan terhadap anak sepanjang 2023.

“Berdasarkan lokus kekerasan terhadap anak, lingkungan keluarga 35 persen, lingkungan sekolah 30 persen, lingkungan sosial 23 persen, dan tidak disebutkan 12 persen,” kata Pjs Ketua Umum Komnas PA Lia Latifah di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Sementara pelaku kekerasan terhadap anak umumnya adalah orang-orang terdekat dari anak, seperti ayah/ibu kandung, ayah/ibu tiri, paman, dan guru.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Dikabarkan Segera Berbayar Mulai Januari 2024

Lia Latifah mengatakan sebagian besar kasus kekerasan terhadap anak yang dilaporkan berasal dari keluarga kelas menengah.

“Tindakan kekerasan terhadap anak juga terjadi di keluarga kelas bawah dan keluarga kelas atas, tetapi tindakan yang dilaporkan lebih banyak dari keluarga menengah,” katanya.

Menurut Lia Latifah, penanganan masalah kekerasan terhadap anak harus menjadi prioritas bersama.

“Dibutuhkan kesadaran orang tua, guru, kepedulian masyarakat, dan peran pemerintah,” katanya.

Komnas PA juga meminta para orang tua agar bisa menahan diri untuk tidak melampiaskan kekesalan terhadap anak, mengingat kasus kekerasan anak didominasi oleh pelaku dari lingkungan keluarga.

Masyarakat pun diminta untuk ikut mengawasi jika di lingkungannya terjadi kekerasan terhadap anak.

“Masyarakat hendaknya berani melapor,” pungkasnya. (Antara/Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.