Jumat, 17 Mei 24

Ledakan di Restoran China, 31 Orang Tewas

Ledakan di Restoran China, 31 Orang Tewas
* Pekerja darurat tanggapi ledakan gas di restoran barbekyu di Yinchuan, China, pada 21 Juni. (CNN)

Obsessionnews.com –  Sedikitnya 31 orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka di kota Yinchuan, China, di wilayah barat laut Ningxia, setelah ledakan gas di sebuah restoran barbekyu Rabu malam, menurut media pemerintah.

Dilansir CNN, Kamis (22/6/2023), ledakan itu disebabkan oleh kebocoran tangki bensin cair di dalam restoran, dan terjadi sekitar pukul 20:40, menurut stasiun penyiaran negara CCTV.

Di antara tujuh korban luka satu orang masih dalam kondisi kritis. Enam lainnya dirawat di rumah sakit karena luka ringan, luka bakar dan luka kaca.

Otoritas pemadam kebakaran setempat mengirim 20 kendaraan dan lebih dari 100 personel ke tempat kejadian, dengan operasi pencarian dan penyelamatan berlangsung hingga Kamis pukul 04:00, menurut media pemerintah.

Foto-foto yang diposting oleh media pemerintah menunjukkan bangunan yang rusak, dengan bagian luar yang menghitam, puing-puing di tanah dan asap di udara. Petugas pemadam kebakaran terlihat memasuki lantai dua dengan tangga dan mengangkat orang keluar dengan tandu.

Wawancara oleh polisi dan petugas pemadam kebakaran di tempat kejadian menetapkan bahwa dua staf restoran telah mencium bau gas sekitar satu jam sebelum ledakan, kata pemerintah Yinchuan dalam pernyataan yang diposting online Kamis.

Kedua staf menemukan katup tangki bensin rusak, dan mengirim anggota staf lain untuk membeli yang baru, menurut pernyataan itu. Ledakan terjadi saat katup diganti.

Restoran itu terletak di jalan yang sibuk, lapor media pemerintah.

Polisi telah menahan sembilan orang dan membekukan aset mereka, termasuk manajer restoran, karyawan, dan pemegang saham, menurut media pemerintah China Youth Daily.

Pemimpin China Xi Jinping menyebut insiden itu “memilukan,” dan mengatakan itu adalah “pelajaran mendalam,” lapor penyiar negara CCTV, Kamis.

Xi menambahkan bahwa sangat penting untuk merawat yang terluka dan menghibur keluarga korban, serta mencari tahu penyebab kecelakaan itu secepat mungkin. Dia juga memerintahkan otoritas pemerintah terkait untuk melakukan tinjauan risiko keselamatan dan memperkuat pengawasan keselamatan di sektor-sektor utama, lapor CCTV.

Insiden itu terjadi tepat sebelum China memulai hari libur nasional tiga hari, dari Kamis hingga Sabtu, menandai Festival Perahu Naga.

Negara ini telah diguncang oleh sejumlah insiden keselamatan tahun ini. Tambang batu bara runtuh di Mongolia Dalam pada bulan Februari menyebabkan 53 orang tewas ; kemudian pada bulan April, kebakaran paling mematikan yang melanda Beijing dalam dua dekade menewaskan 29 orang di sebuah rumah sakit. (CNN/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.