Sabtu, 18 Mei 24

Lebaran Mendekat, Kiriman Wesel Kantor Pos Johar Meningkat

Lebaran Mendekat, Kiriman Wesel Kantor Pos Johar Meningkat
* Beberapa pegawai pos tengah melayani pelanggan yang datang

Semarang, Obsessionnews – Lebaran membuat berbagai jasa angkutan menuai berkah tersendiri. Tak terkecuali bagi Pos Indonesia, khususnya kantor Pos Johar Semarang. Aktivitas pengiriman wesel di kantor pos yang berlokasi di dekat Kota Lama tersebut kini mengalami kenaikan drastis di hari menjelang Idul Fitri.

“Totalnya, kenaikan pengiriman wesel sampai 33% selama bulan Ramadhan,” terang Manajer Pemasaran Kantor Pos Johar, Gerardio saat disambangi obsessionnews.com di ruangannya.

Dia menjelaskan, pada hari biasa transaksi keuangan rata-rata mencapai Rp 224 juta/hari. Selama Ramadhan, jumlah tersebut meningkat menjadi Rp 298 juta. Tak hanya itu saja, pencairan wesel beriring naik sebesar 25% dari yang biasanya rata-rata 602 juta/hari, di bulan Ramadhan merangkak naik mencapai Rp 755 juta/hari.

“Jumlah itu untuk area kerja kota Semarang dan Kabupaten Demak,” imbuhnya lagi.

Kenaikan juga dialami di sektor pengiriman domestik yakni 30% sampai menjelang lebaran. Untuk pengiriman internasional, rasio kenaikan menyentuh angka 40% dari rata-rata harian. Meski begitu, pihaknya tidak menambah armada kendati peminat pengiriman barang tiap hari bertambah.

“Armada yang ada kita maksimalkan. Jadi pengantaran kita tambah jadwalnya,” terang Gerardio.

Ia mengakui, beberapa paket kiriman kemungkinan besar akan tertunda, terutama yang berasal dari kota besar. Jika di hari reguler jarak waktu kirim dapat diprediksi, khusus mendekati lebaran, pihaknya tidak dapat memberikan kepastian paket sampai di tujuan.

“Kita mundur sehari, karena kondisinya overload. Cuma ada beberapa yang kalau hari biasa sesuai jadwal, untuk jelang lebaran kita belum bisa,” katanya.

Disisi lain, kantor Pos Johar juga tengah mempromosikan layanan pengiriman uang dengan menggandeng jaringan ATM Bersama sejak satu bulan yang lalu. Gerardio berujar, layanan ini dinilai mampu memberikan kenyamanan bagi pelanggan karena jam buka kantor lebih lama ketimbang bank.

“Jadi kalau kantor pos kan sore masih buka, uang yang dikirim lewat wesel pos, sudah langsung masuk di ATM Bersama. Bisa langsung diambil,” pungkasnya tersenyum. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.