Sabtu, 4 Mei 24

Kurniasih Sebut PR Besar Plt Kepala BPOM Babat Habis Peredaran Obat, Makanan dan Kosmetik Ilegal

Kurniasih Sebut PR Besar Plt Kepala BPOM Babat Habis Peredaran Obat, Makanan dan Kosmetik Ilegal
* Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr Kurniasih Mufidayati. (Foto: Istimewa)

Obsessionnews.com – Pemerintah menunjuk Lucia Rizka sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala BPOM menggantikan Penny K Lukito yang habis masa jabatannya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dr Kurniasih Mufidayati berharap Plt Kepala BPOM bisa meneruskan program yang baik sekaligus mengevaluasi beberapa hal yang perlu diperbaiki.

Baca juga: Kurniasih Minta BPOM Segera Gerak Cepat Atasi Kasus Bahan Berbahaya yang Tengah Beredar

Salah satu catatan besar bagi BPOM adalah membabat habis peredaran obat, makanan dan kosmetik ilegal. Kurniasih menyebut, peredaran obat dan kosmetik ilegal sudah seperti sel kanker yang menyebar luas. Jika ada penindakan dalam satu kasus akan segera muncul lagi kasus lain dengan jumlah lebih banyak.

“PR besar dan tantangan BPOM saat ini adalah mengatasi peredaran obat dan kosmetik ilegal yang menyebar luas seperti sel kanker. Satu ditindak, muncul produk ilegal lain yang lebih banyak dan semakin massif. Harus disikat sampai ke akar-akarnya karena membahayakan bagi publik,” terang Kurniasih dalam keterangan tertulinya, Jumat (10/11/2023).

Data dari Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK) menduga 85% produk kosmetik yang beredar di pasar dalam negeri masuk dalam kategori ilegal.

Baca juga: Kurniasih Minta Penjelasan dari BPOM Soal Perpanjangan Masa Kadaluarsa Enam Vaksin Covid-19

Salah satu penyebabnya adalah terbukanya marketplace yang memungkinkan pengiriman barang langsung dari luar negeri ke Indonesia. Akhirnya banyak obat-obatan dan kosmetika dari luar negeri langsung menyerbu pasar Indonesia tanpa adanya uji keamanan dari BPOM.

“Pemerintah kemarin menyebut berani akan mengatur marketplace luar negeri ini. Ini bukan hanya soal matinya UMKM di sini namun yang dijual adalah produk yang langsung berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Kan bahaya kalau terus menerus seperti ini. Publik tergiur harga murah tapi tidak aman bagi kesehatan,” kata dia.

Terakhir Kurniasih juga mengucapkan terima kasih atas khidmat Penny K Lukito yang menyelesaikan amanah sebagai Kepala BPOM dan mengucapkan selamat bekerja bagi Plt Kepala BPOM Lucia Rizka. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.