Selasa, 26 Oktober 21

KPK Tak Muncul di Sidang Praperadilan BG

KPK Tak Muncul di Sidang Praperadilan BG

Jakarta, Obsessionnews – Sidang praperadilan Komjen Polisi Budi Gunawan (BG) hanya berlangsung singkat. Pasalnya,  pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)tidak muncul atau tidak menghadiri persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

“Karena pihak termohon tidak hadir,” kata hakim Sarpin mengumumkan di Pengadilan Negeri Jakata Selatan, Senin (2/2/2015).

Selanjutnya hakim tersebut mengecek mengenai perwakilan dari pihak Pemohon yaitu Komjen BG, yang diwakili oleh 7 kuasa hukum. Komjen BG sendiri juga tidak hadir dalam sidang Praperadilannya.

“Sebelum saya kemukakan sikap karena yang hadir dari pemohon merupakan kuasa, saya ingin cek kebenaran dari kuasa yang hadir. Berdasarkan surat kuasa, tertanggal 27 Januari 2015 Drs Budi Gunawan, Komjen, memberi kuasa kepada beberapa orang kuasa hukum,” jelas Sarpin.

Sarpin mengaku, pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap pihak pemohon dan termohon untuk datang ke persidangan perdana hari ini.

Sementara itu, Ketua Kuasa Hukum Budi Gunawan, Frederich Yunadi mengaku tidak apa-apa BG tidak menghadiri sidang tersebut, sebab pada sidang ini belum ada keperluannya. “Tidak, ada keperluan beliau,” kata Frederich di PN Jaksel.

Frederich juga mengatakan, tidak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi sidang praperadilan ini. Namun lazimnya permohonan praperadilan, tim kuasa hukum telah menyiapkan saksi dan bukti.

“Tidak ada persiapan apa-apa. Tapi lazimlah permohonan, kita siapkan bukti dan saksi. Kita lihat dari acara sidang karena hakim yang menentukan,” katanya.

Untuk diketahui, sidang dibuka sekitar pukul 12.30wib, dan berakhir sekitar 13.00 wib. Hakim tunggal Sarpin Rizaldi langsung mengumumkan bahwa pihak KPK tidak hadir di persidangan. Sementara itu tim kuasa hukum Budi Gunawan yang berjumlah 22 orang dan diwakili tujuh orang di dalam persidangan nampak menyesalkan tak hadirnya pihak KPK. Sidang lantas ditunda hingga Senin (9/2) pekan depan. (Purnomo)

Related posts