Jumat, 17 Mei 24

Komisi III DPR Minta KPK Awasi Proyek KA Cepat

Komisi III DPR Minta KPK Awasi Proyek KA Cepat
* Tjatur Sapto Edy.

Jakarta, Obsessionnews – Anggota Komisi III DPR RI Tjatur Sapto Edy meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi proyek-proyek besar di pemerintahan, seperti proyek pembangunan kereta api cepat Jakarta Bandung, yang bekerjasama dengan negara China.

“Dengan kepemimpinan yang baru ini, kami minta KPK untuk memberikan pengawasan yang ketat atas sejumlah proyek-proyek besar di pemerintah, kaya kereta api cepat,” katanya saat menggelar rapat kerja dengan ‎KPK, Rabu (27/1/2016).

Menurutnya, diawal tahun ini banyak proyek-proyek yang dicanangkan pemerintah, melalui APBN 2016. Untuk itu, kata dia perlu ada sistem pengawasan di setiap kantor-kantor Kementerian. “Karena pengawasan ini juga bagian dari upaya tugas KPK dalam hal pencegahan,” tuturnya.

Terkait proyek kereta api cepat, ia melihat proyek tersebut masih banyak menyisakan masalah. Misalnya soal perizinan yang belum selesai. Bahkan, dikabarkan Kementerian Perhubungan tidak akan mengeluarkan izin, sebelum syarat-syarat terpenuhi.

“Jadi jangan sampai, nanti ditemukan praktek suap, seperti yang sudah-sudah,” jelasnya.

Tjatur mengingatkan kembali akan tugas KPK, dalam hal koordinasi dan supervisi. Menurutnya, saat ini dua tugas KPK itu masih lemah, terutama bagaimana dalam membangun kerjasama dengan lembaga penegak hukum yang lain. Selain‎ itu, juga masalah pencegahan.

“Menurut saya, keberhasilan KPK tidak diukur dari banyaknya orang masuk penjara. Tapi bagaimana angka korupsi itu semakin sedikit,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.