Senin, 29 April 24

Kharis Berpartisipasi di Lawu Culture & Tourism Festival 2023

Kharis Berpartisipasi di Lawu Culture & Tourism Festival 2023
* Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DR. Abdul Kharis Almasyhari. (Foto: ist)

Obsessionnews.com – Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DR. Abdul Kharis Almasyhari mendukung dan turut berpartisipasi dalam agenda Lawu Culture & Tourism Festival 2023 pada 8-10 Juli 2023.

 

Baca juga:

Kharis Bersilaturahmi dengan Komunitas Disabilitas Surakarta

Kabar Gembira! PKS Kembali Calonkan Kharis sebagai Anggota DPR pada Pemilu 2024

 

 

Dikutip dari siaran pers yang diterima obsessionnews.com, Sabtu (8/7/2023), berbagai kegiatan dilaksanakan dalam agenda tersebut, di antaranya Festival Pencak Silat, Sarasehan Pusaka, Bazar Rakyat, dan Pameran Pusaka Para Tokoh. Adapun bentuk dukungan dan partisipasi Kharis melalui ikut dipamerkannya beberapa koleksi pusakanya. salah satu yang dipamerkan adalah keris luk 11 Kanjeng Kyahi Singo Barong tinatah emas tangguh Mataram Senopaten. Keris tersebut dipamerkan bersama dengan pusaka milik para tokoh antara lain KH Syihabuddin Abdul Muiz (Ponpes Isykarima), KH Muhammad Halim (Ponpes Takmirul Islam), dan KH Ali Naharussurur (Pondok Pesantren Takmirul Islam).

Ketua Nunggak Semi DR. Suparjito menjelaskan, kegiatan ini berawal dari diskusi kecil antara Paguyuban Sutresna Tosan Aji Nunggak Semi Kota Surakarta bersama pengasuh Pondok Pesantren Isy Karima, KH Syihabuddin Abdul Muiz, Al Hafidz, beserta perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar dalam rangka menyambut kedatangan rombongan Syaikh Ahmed Saad Al-Azhari Al-Maliki Al-Hasani (mufti Eropa) yang mengadakan lawatan ke Indonesia. Hal ini disebabkan dia sangat terkesan dengan adanya sinergitas antara lembaga pesantren dan masyarakat dalam mengembangkan potensi ekonomi dan wisata halal yang selama ini telah dibina oleh Pondok Pesantren Isykarima. Hal ini semakin kuat tatkala pemerintah daerah mendukung penuh acara tersebut dengan hadirnya Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen dan Bupati Karanganyar Yuliyatmono dalam agenda tersebut. Dari situlah kemudian akhirnya disepakati bersama untuk berkolaborasi menyelenggarakan event yang dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar, di antaranya adalah bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kharis yang dikenal sebagai seorang pegiat pencak silat Merpati Putih, pembina asosiasi Tosan Aji SNKI sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Sebagai orang yang mencintai dan menjunjung budaya bangsa, juga sebagai salah satu penasihat Paguyuban Sutreno Tosan Aji Nunggak Semi, tentu saya mendukung penuh acara ini. Apalagi acara ini diinisiasi oleh Ustadz Syihabuddin dan KH. Halim dengan tujuan agar masyarakat semakin mengenal lebih dekat budaya leluhurnya dengan baik dan benar, sekaligus menggerakkan perekonomian melalui sektor pariwisata di bidang budaya Tosan Aji dan Pusaka,,” ujar Kharis.

Menurut Kharis, cinta NKRI bukan hanya diwujudkan dengan ucapan saja, namun harus dibuktikan dengan tindakan, termasuk dengan melestarikan budaya bangsa.

“Menampilkan keris ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya, apalagi UNESCO telah mengakui keris sebagai warisan budaya tak benda Indonesia untuk dunia. Ini yang harus menjadi perhatian generasi muda,” tutur Kharis. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.