Sabtu, 13 Agustus 22

Kemenparekraf Bakal Fokus Tingkatkan Kualitas SDM di Sektor Pariwisata

Kemenparekraf Bakal Fokus Tingkatkan Kualitas SDM di Sektor Pariwisata
* Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sestama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani. (Foto: Kemenparekraf)

Obsessionnews.com – Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sestama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani membahas isu terkait pentingnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengembangan pariwisata pada forum The 28th ASEAN Plus India National Tourism Organizations (NTOs).

“Kami akan fokus pada upaya untuk meningkatkan kualitas SDM sektor pariwisata, karena ini sejalan dengan visi misi Menparekraf untuk menciptakan peluang kerja dan juga memperkuat kemampuan profesional pariwisata kami menjadi lebih unggul dan kompetitif,” kata Ni Wayan Giri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Kemenparekraf Dorong Perkembangan Desa Air Madidi Bawah Jadi Desa Wisata Unggulan

Oleh karena itu, dia berharap ada pembaruan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) tentang penguatan kerja sama sektor pariwisata pada negara anggota ASEAN-India.

India sendiri memiliki program pengembangan SDM di sektor pariwisata yang mencakup beasiswa jangka pendek dan jangka panjang yang bekerja sama dengan negara anggota ASEAN. Hal ini turut diapresiasi oleh negara anggota ASEAN.

Baca juga: Kemenparekraf Telah Susun Kebijakan Pariwisata Halal

Ni Wayan Giri juga menyampaikan, Indonesia dengan India telah lama terjalin kerja sama. Ia berharap Indonesia-India bisa terus memperkuat kerja sama untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing negara.

“Kami juga aktif mengikuti event South Asia Travel and Tourism Exchange (SATTE) 2022 di India pada 18-20 Mei 2022. Kami juga melakukan kerja sama dengan Online Travel Agent (OTA) seperti MakeMyTrip dan KST India. Ke depan kita juga akan melakukan famtrip dengan media dari India pada Agustus,” katanya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.