Kamis, 9 Mei 24

Kemenparekraf Apresiasi Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon yang Diinisiasi ICMI

Kemenparekraf Apresiasi Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon yang Diinisiasi ICMI
* Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Kemenparekraf)

Obsessionnews.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi “Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon ICMI” yang diinisiasi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

ICMI ikut berperan serta dalam pelestarian alam berkelanjutan yang merupakan bagian dari gerakan penghijauan untuk ikut mendukung target pemerintah.

Baca juga: Kemenparekraf Perkuat Manajemen Pengelolaan Homestay Terpadu di DPSP Borobudur

“Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon ICMI” akan dilaksanakan pada 18 Desember 2022 di pesisir Pantai Jakarta. Dalam kegiatan tersebut ditargetkan 10.000 bibit mangrove ditanam dan diikuti 500-1000 peserta. Kegiatan ini juga menampilkan pertunjukan kolosal seni dan budaya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi inisiatif ICMI, yang berfokus pada konservasi alam dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Mungkin kita bisa buka kolaborasi dengan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf yang sudah memiliki program ecotourism,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/11/2022).

Baca juga: Wujudkan Kemandirian Ekonomi, Kemenparekraf Dorong Peningkatan Kualitas Desa Wisata di Tegal

Dia menyampaikan, Kemenparekraf telah memiliki program penanaman mangrove di 5 destinasi wisata mangrove untuk mendukung pengurangan emisi karbon, yaitu di Plataran Menjangan Taman Nasional Bali Barat, Mangrove Tembudan Berseri Berau Kalimatan Timur, Pantai tiga Warna (Clungup Mangrove Conservation/CMC) Malang, Bukit Peramun Bangka Belitung, dan Taman Wisata Mangrove Klawalu Sorong (Papua Barat).

“Ini ada 5 destinasi yang mungkin bisa kita kolaborasikan dan bisa kita sinergikan untuk mendukung 1 miliar pohon,” kata Sandiaga.

Dia menambahkan, Indonesia memiliki kawasan mangrove seluas 4,7 juta hektare, dan Indonesia telah menargetkan perbaikan dan pemulihan kawasan mangrove seluas 600.000 hektare pada 2024. Sehingga pencapaian target ini harus didukung semua pihak baik pemerintah, BUMN, swasta, dan masyarakat.

Baca juga: Kemenparekraf Raih Peringkat Dua Terbaik di Ajang JDIHN Awards 2022

“Target kami adalah netzero strategi, di tahun 2034 kita akan menargetkan mengurangi emisi karbon sebanyak 5 persen dari 8 persen, dan ini menggunakan Carbon Calculator,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum ICMI, Prof Jafar Jafsah, saat hadir dalam “The Weekly Brief Sandi Uno’ secara offline di Gedung Sapta Pesona, berharap Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon yang diinisiasi ICMI ini bisa mendukung pariwisata yang berkelanjutan.

“ICMI ingin berkontribusi langsung, ingin memberikan warna terhadap lingkungan Indonesia yaitu dengan pendekatan menanam pohon 1 miliar di Indonesia. Dengan demikian pohon ini semua berada di seluruh penjuru terutama di tempat pariwisata, maka wisata itu akan lebih indah, lebih sejuk, lebih manusiawi, dan lebih kerahmatan lil alamin, lebih memberikan nuansa kehidupan kedamaian kepada kita, kepada seluruh makhluk hidup,” kata Jafar. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.