Minggu, 12 Mei 24

Kejari Subang Menahan Dua Tersangka Koruptor

Kejari Subang Menahan Dua Tersangka Koruptor
* Salah seorang tersangka yang ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang Jawa Barat

Subang, Obsessionnews – Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang hari ini menahan 2 orang tersangka dalam 2 kasus korupsi yang berbeda. Kedua tesangkas tersebut ialah K tersangkut kasus proyek mangrove Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Kab Subang Tahun Anggaran (TA) 2013 dengan nilai kerugian sebesar 750 juta rupiah.

Keduanya ialah BS tersangkut perkara korupsi Sikuit Gery Mang Dinas Tata Ruang, Pemukiman dan Kebersihan (Tarkimsih) TA 2014 dengan nilai kerugian sebesar 1,823 milyar rupiah.

Menurut Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Subang, Anang Suhartono, keduanya telah diperiksa selama 2 jam lebih dan akan ditahan 20 hari ke depan. “Kedua tersangka (K dan BS) akan ditahan selama 20 hari ke depan di Lapas Subang untuk pemeriksaan selanjutnya,” ujarnya, Kamis (15/10/2015).

Anang mengatakan tersangka K berperan sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek mangrove, yang saat itu menjabat Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah Dinas Hutbun. Sedangkan tersangka BS sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek Sirkuit Gery Mang di Dinas Tarkimsih.

“Tersangka K ini ditahan setelah sebelumnya tiga kali dipanggil. Adapun tersangka BS langsung ditahan pada panggilan pertama ini,” imbuhnya.
Sementara itu, pendamping hukum tersangka Kurnia, Gama Primawan, mengaku akan segera mengajukan proses penangguhan penahanan untuk kliennya.

“Kami segera konfirmasi kepada pihak terkait untuk proses penangguhan (penahanan). Ini hak tersangka,” ucapnya.
Meski demikian, pendampingan hukum hanya sampai kliennya berstatus tersangka. “Untuk proses (hukum) selanjutnya, akan didampingi pengacara,” ujarnya.

Penahanan K merupakan kelanjutan proses yang sebelumnya telah ditahan 3 orang lainnya, yaitu MJ sebagai kontraktor (pelaksana) proyek mangrove, AS selaku Kepala Dinas Hutbun sekaligus PPK proyek mangrove dan AP sebagai tenaga ahli dari kontraktor MJ yang bertugas melaksanakan pekerjaan di lapangan.

Sedangkan kasus Sirkuit Gery Mang, tersangka yang sudah ditahan kejaksaan menjadi dua orang. Selain BS, tersangka lainnya ialah Sy yang merupakan kontraktor pelaksana proyek pembangunan lapis tambahan (overlay) sirkuit. (Teddy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.